Sunday, June 26, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeEkonomiRehabilitasi 3 Pasar di Jateng Selesai, Menteri PUPR: Biar Pasar Lebih Estetis

Rehabilitasi 3 Pasar di Jateng Selesai, Menteri PUPR: Biar Pasar Lebih Estetis

BERNASNEWS.COM – Kementerian PUPR telah menyelesaikan rehabilitasi tiga pasar di Provinsi Jawa Tengah yakni Pasar Legi Surakarta, Pasar Banyumas dan Pasar Gede Klaten. pembangunan/rehabilitasi pasar dilakukan untuk eningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata dan lebih estetis (tidak kumuh).

“Rehabilitasi pasar diharapkan dapat memperlancar transaksi jual beli, meningkatkan kenyamanan pedagang dan pembeli serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip Bernasnews.com di akun instagram Kementerian PUPR yang diunggah pada Jumat, 14 Januari 2022.

https://www.instagram.com/kemenpupr/

Sementara menurut I Gusti Agung Kade Pratistha, seorang warganet di akun instagrm @kadepratistha di kolom komentar mengatakan, rehabilitasi merupakan program yang sangat baik. Karena itu, alangkah baiknya bila pengelola fokus dalam pemeliharaan. Misalnya, perlu ada cleaning service yang selalu siap sedia membuat pasar selalu bersih, pengelolaan parkir yang masuk ke daerah via vendor yang jelas. Dari hal ini banyak penyerapan tenaga kerja sekitar dan fungsi serta estetika pasar tetap terjaga.

Kementerian PUPR merampungkan pembangunan Ruang Terbuka Publik Eks Pasar Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Foto: [email protected]

https://www.instagram.com/kadepratistha/

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga merampungkan pembangunan Ruang Terbuka Publik eks Pasar Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Pembangunan ruang terbuka publik itu dilkukn Bandungan saat ini menjadi primadona wisatawan di Semarang. Seiring dengan banyaknya tempat wisata baru yang terus bermunculan di sekitar kawasan tersebut, kepadatan lalu lintas kerap terjadi, terutama pada akhir pekan.

Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian PUPR merampungkan pembangunan Ruang Terbuka Publik eks Pasar Bandungan, sehingga selain sebagai ruang terbuka publik, RTP ini juga berfungsi untuk mengatasi kemacetan.

Penataan kawasan disesuaikan dengan fungsi kota dan didesain sedemikian rupa sehingga selaras dengan alam Bandungan. Lingkup pekerjaan yang dilakukan mencakup pekerjaan landscape berupa pembangunan Patung Gunungan Wayang, jalur pedestrian, view deck, dan penataan kawasan yang dihiasi dengan berbagai tanaman di antaranya bunga bakung, bunga amarilis, bunga celosia, cemara norfolk, salvia, angelonia, hymenocalis, dan rumput jepang/manila. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments