Home Pendidikan Registrasi Akun LTMPT Jalur SNMPTN 2020 Tinggal 4 Hari Lagi

Registrasi Akun LTMPT Jalur SNMPTN 2020 Tinggal 4 Hari Lagi

916
0
Informasi SNMPTN 2020 dan UTBK-SBMPTN 2020. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Tahun ini pemerintah menerapkan kebijakan Single Sign On (SSO) dalam Sistem Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sistem inilah yang membedakan SNMPTN tahun lalu dengan tahun ini.

“Sistem ini mengharuskan SMA/SMK/MA dan siswa untuk mendaftarkan akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan melakukan registrasi akun di portal https://portal.ltmpt.ac.id,” kata Dr Suharsono MT, Wakil Rektor Bidang Akademik UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) dalam rilis yang dikirim kepada media massa, termasuk Bernasnews.com, Jumat (3/1/2020).

Menurut Suharsono, pendaftaran akun di portal LTMPT tinggal 4 hari lagi. “Sekolah dan siswa yang ingin mengikuti SNMPTN 2020 wajib registrasi pada 2 Desember 2019 -7 Januari 2020, sebab Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi akan segera ditutup paling lambat 4 hari lagi,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVY.

Sementara Dr Hendro Wijanarko MSi selaku Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UPN “Veteran” Yogyakarta mengatakan sekolah dan siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2020 diharapkan segera simpan data secara permanen. Jika sekolah dan siswa tidak mengubah status data-datanya menjadi permanen hingga 7 Januari 2020, maka tidak bisa melakukan pendaftaran PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) di SNMPTN 2020.

Dan bagi siswa lulusan 2020 yang tidak akan mengikuti SNMPTN 2020 tapi akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2020, dapat melakukan registrasi akun pada 7 Februari – 5 April 2020 bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan 2018 dan 2019. “Registrasi akun dapat dilakukan melalui http://portal.ltmpt.ac.id,” ujar Hendro seraya menambahkan bahwa jalur SNMPTN merupakan jalur berprestasi, biaya pendaftaran ditanggung pemerintah. tambahnya

Pada kesempatan yang sama, Markus Kusnardijanto S.Sos selaku Kasubag Kerjasama dan Humas UPNVY mengatakan bahwa pembukaan pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Seleksi Mandiri (SM) UPN “Veteran” Yogyakarta akan dibuka mulai 21 Mei hingga 3 Juli 2020.

“Ujian SM UPN “Veteran” Yogyakarta akan digelar pada 12 Juli 2020. Pengumuman hasil ujian SM akan dilakukan pada 21 Juli 2020. “Informasi lebih lanjut dapat dilihat di laman pmb.upnyk.ac.id,” tambah Markus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UPN “Veteran” Yogyakarta tahun 2020 melalui 3 jalur yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Seleksi Mandiri (SM).

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk PTN berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik ditambah prestasi lain yang ditetapkan oleh PTN. Tahun ini, sebelum mendaftar SNMPTN 2020, siswa SMA/MA/SMK kelas 12 calon pelamar terlebih dahulu registrasi akun ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Batas akhir registrasi akun LTMPT tanggal 7 Januari 2020. (lip)





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here