Home News Rayakan Idul Adha 1442 H, Sultan HB X dan Keluarga Melaksanakan Kurban...

Rayakan Idul Adha 1442 H, Sultan HB X dan Keluarga Melaksanakan Kurban di Kampung Suryoputran

148
0
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dalam rangka Merayakan Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7/2021), di Halaman GOR PTM Suryanaga, RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Dalam rangka merayakan Idul Adha 1442 Hijriyah, Kampung Suryoputran menyelenggarakan penyembelihan sejumlah hewan kurban, Selasa (20/7/2021). Kali pertamanya penyembelihan hewan kurban pelaksanaannya terbagi dua tempat, dilakukan mandiri oleh warga berserta shohibul qurban dan sebagian dilaksanakan oleh rumah pemotongan hewan (RPH).

Ketua Kampung (RK) Suryoputran H. Bandrio Utomo, SE mengungkapkan, bahwa semuanya berjalan dengan lancar dan diimbangi dengan protokol kesehatan yang ketat, baik penyembelihan yang dilakukan secara mandiri oleh segenap jamaah yang bertempat di Wilayah RW 08 Suryoputran, tepatnya di Halaman GOR PTM Suryanaga, maupun melalui RPH yang dilakukan Masjid Wiworojati, Suryoputran.

Erwin Arya Ramadhan selaku Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Jamaah Kampung Suryoputran Tahun 2021 saat berkiprah sebagai jagal atau penyembelih hewan kurban, Selasa (20/7/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Dikatakan, rincian jumlah hewan kurban untuk penyembelihan mandiri oleh Jemaah Kampung Suryoputran yang tepatnya berlokasi di Halaman GOR PTM Suryanaga, Jalan Pesindenan, RW 08 Suryoputran, terdiri 2 ekor lembu dan 13 ekor kambing. “Sedangkan yang dikelola oleh Masjid Wiworojati Suryoputran sejumlah 8 ekor lembu, di antaranya satu ekor dari keluarga Sultan HB X,” ujar Bandrio.

Erwin Arya Ramadhan selaku Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Jamaah Kampung Suryoputran Tahun 2021 dalam sambutannya mengingatkan, agar panitia yang telah dibentuk dapat menjalankan amanah dari shohibul qurban dengan baik. Juga melaksanakan protokol kesehatan (prokes) ketat, menjaga jarak dan tetap memakai masker.

Suasana proses pengirisan dan penimbangan daging hewan kurban oleh pemuda dan ibu-ibu warga Kampung Suryoputran, Yogyakarta. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

“Kemarin kami sempat diingatkan oleh Satuan Tugas Covid-19 Kemantren Kraton, serta Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Yogyakarta untuk menjalankan kegiatan penyembelihan dengan prokes ketat. Bagi panitia yang merasa tidak enak badan sebaiknya nggak usah hadir, jangan sampai terjadi kluster,” terang Erwin, didampingi Ustad Saiman Puja, SAg.

Pembagian daging kurban untuk shohibul qurban sesua dengan tuntunan syariat agama Islam. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Sementara itu, Ketua RW 08 Suryoputran menambahkan, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dan melaksanakan amanah dengan baik. Juga kepada para shohibul qurban Jamaah Kampung Suryoputran yang telah memberikan kepercayaan pelaksanaan penyembelihan hewan korban di wilayahnya.

“Sebenarnya dalam merayakan Idul Adha 1442 H ini, kami ingin lengkap dengan penyelenggaraan salat ied secara mandiri di halaman warga dan sepanjang jalan ini (Jalan Pesindenan), namun sayang Ketua Satgas Kemantren Kraton tidak memberikan izin,” imbuh Mantan Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Tahun 2014 itu.

Proses pengulitan hewan kurban kambing oleh panitia. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban secara mandiri oleh warga dan shohibul qurban Jamaah Kampung Suryoputran berjalan lancar dan sesuai target waktu dalam penyelesaian serta pendistribusian daging kurban kepada yang berhak. Selain ditinjau oleh Tim Satgas Covid Kelurahan Panembahan yang dipimpin langsung oleh Lurah Panembahan RM. Murti Buntoro, SH, MIP. Juga Sat Pol PP dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Yogyakarta yang memeriksa kesehatan hewan kurban. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here