Home News Rayakan HUT Ke-37, SMA Negeri 1 Jetis Gelar Sendratari ‘Roro Jonggrang’

Rayakan HUT Ke-37, SMA Negeri 1 Jetis Gelar Sendratari ‘Roro Jonggrang’

261
0
SMA Negeri 1 Jetis, Bantul menggelar pementasan sendratari kolosal 'Roro Jonggrang', dalam rangka memeriahkan dan memperingati HUT Ke-37 SMA Negeri 1 Jetis, Kabupaten Bantul, Sabtu (20/11/2021). Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM — Sebagai bentuk ungkapan syukur dan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-37 SMA Negeri 1 Jetis, Bantul menggelar pentas sendratari kolosal, dengan judul ‘Roro Jonggrang’, Sabtu (20/11/2021) malam, di Amphitheatre SMAN 1 Jetis, Kabupaten Bantul, DIY.

Pagelaran yang melibatkan belasan siswa dan beberapa guru itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kandha Kabudayan) DIY, Kadisdikpora Bantul, Kabalai Dikmen Bantul, Kepala Sekolah SMN 1 Jetis, beserta Guru, Karyawan, serta siswa.

“Cerita Roro Jonggrang adalah cerita legenda yang mengisahkan percintaan seorang pengeran dengan seorang putri, yang berakhir dengan dikutuknya sang putri akibat dari tipu muslihat yang dilakukan. Juga menceritakan asal mula terciptanya Candi Sewu, Candi Prambanan dan Arca Dewi Durga,” terang Edy Sutara, SPd selaku Panitia Among Tamu.

Pementasan sendratari kolosal lakon Roro Jonggrang,dalam rangka merayakan HUT Ke 37 SMA Negeri 1 Jetis, Sabtu (20/11/2021) malam, di Ampitheatre SMA Negeri 1 Jetis, Kabupaten Bantul. Foto: Istimewa.

Dikatakan, bahwa pagelaran sendratari tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara HUT Ke-37 SMA Negeri 1 Jetis yang tepat jatuh pada tanggal 20 November 2021. Sebelumnya juga telah diselenggara giat senam massal bersama.

“Kemudian tadi pagi (Sabtu, 20/11) juga dilaksanakan upacara potong tumpeng oleh Kadiksora DIY Bapak Didik Wardoyo. Juga peresmian masjid Al Hidayah oleh Bupati Bantul, Bapak Halim dan Peresmian Ampitheatre SMA Negeri 1 Jetis oleh Ibu GKR Hemas,” ungkap Edy Sutara, kepada Bernasnews.com.

Beberapa penari dan pengasuh sendratari foto bersama dengan beberapa tamu (pejabat) yang hadir usai pementasan sendratari dalam rangka merayakan HUT Ke-37 SMA Negeri 1 Jetis, Kabupaten Bantul. (Foto: Istimewa)

SMA Negeri 1 Jetis, Bantul merupakan sekolah Adi Wiyata yang berbasis budaya dengan segudang prestasi, baik tingkat regional maupun nasional. Pernah menjadi Juara 2 Lomba Perpustakaan tingkat nasional, serta beberapa prestasi siswanya di tingkat nasional dalan ajang KOSN. Seperti sesorah, tari, pidato memakai bahasa Jawa, dan lain sebagainya.

“Disamping itu, SMA Negeri 1 Jetis merupakan satu-satunya sekolah yang mewajibkan seluruh warga sekolah mempergunakan basa krama (bahasa Jawa halus) pada setiap hari Jumat,” pungkas Edy, yang kesehariannya sebagai guru olahraga itu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here