Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsRapimda Hari Ke-2 KADIN DIY: Menjadi Inisiator dan Eksekutor

Rapimda Hari Ke-2 KADIN DIY: Menjadi Inisiator dan Eksekutor

BERNASNEWS.COM — Rapimda KADIN DIY tahun 2022 hari ke-2 diselenggarakan, Sabtu 5/2/2022), di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. Seperti diketahui, Rapimda hari pertama telah diselenggarakan pada hari Sabtu minggu yang lalu tanggal 29 Januari 2022. Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah ‘Mewujudkan KADIN DIY yang Transformatif, Inklusif dan Kolaboratif’. Hadir dalam Rapimda hari yang ke-2 pengurus yang terdiri Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus.

“Kami berharap KADIN DIY harus mampu menjadi inisiator dan eksekutor bagi kepentingan pelaku ekonomi,” ungkap Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji. Lebih lanjut Sekda DIY menjelaskan, bahwa ke depan Pemerintah Daerah (Pemda) lebih berfungsi sebagai fasilitator saja, pada saat ini Pemda masih bertindak sebagai inisiator, fasilitator dan eksekutor.

“Harapan tersebut tidak berlebihan karena seharusnya Pemda sebagai fasilitator bagi pelaku usaha dengan berbagai kebijakan dan program yang telah direncanakan,” kata Kadarmanta.

Ketua Umum KADIN DIY GKR Mangkubumi saat menyampaikan sambutan dalam Rapimda KADIN DIY Hari Ke-2, Sabtu (5/2/2022). Foto: Kiriman Y. Sri Susilo.

Sementara, Ketua KADIN DIY GKR Mangkubumi mengungkapkan kebanggaannya karena pelaku ekonomi di DIY dalam masa pandemi Covid-19 masih ada yang mampu bertahan dan melakukan adaptasi serta inovasi untuk keberlanjutan usahanya. Menurutnya, sebagaian pelaku ekonomi termasuk anggota KADIN mampu memanfaatkan peluang bisnis yang muncul di masa pandemi sehingga mampu melakukan diversifikasi usaha.

“Kunci bertahan tersebut adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan digitalisasi usaha. Misalnya, pemasaran secara digital dan pembayaran pun digital,” tutur Putri Sulung Sultan HB X.

Dalam Rapinda tersebut juga dilakukan pemaparan  program kerja tahun 2022 oleh masing-masing wakil ketua. Secara garis besar program kerja termaksud antara lain, (1) digitalisasi usaha, (2) diklat dan pendampingan UMKM, (3) kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, (4) diklat memperluas pasar domestik dan ekspor, (5) meningkatkan kerjasasama dengan pemangku kepentingan baik Pemda, Perguruan Tinggi, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Perbankan dan Media Massa. Program kerja internal antara lain menambah jumlah anggota dan meningkatkan partisipasi anggota KADIN DIY.

“Dari Rapimda KADIN DIY 2022 juga dihasilkan sejumlah rekomendasi,” jelas Y. Sri Susilo selaku Humas Panitia Pelaksana KADIN DIY. Rekomendasi termaksud antara lain, (1) mendukung upaya peningkatan realisasi investasi, (2) meningkatkan ekspor diiringi dengan peningkatan daya saing, (3) mewujudkakan kerjasama dengan pentahelix (Pemda, Perguruan Tinggi, BI/OJK/Perbankan, Asosiasi Profesi: ISEI/PII, dan Media Massa), (4) mendorong terbentuknya trading house dan start-up hub bagi pelaku usaha, (5) mendorong pemulihan ekonomi, baik di bidang kesehatan dan bidang ekonomi.

“Keberhasilan realisasi program kerja KADIN DIY 2022 sangat bergantung dari sinergi dan kolaborasi seluruh pengurus dan anggota,” pungkas Y. Sri Susilo, yang juga sebagai Ketua Pokdarwis Gumregah, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments