Home News Rapat ke 3 Kafegama: “Program Kerja & Rencana Pelantikan”

Rapat ke 3 Kafegama: “Program Kerja & Rencana Pelantikan”

515
0
Anggota Kafegama DIY foto bersama usai melaksanakan Rapat ke 3,Senin (03/02/20), di Innside by Melia Hotel, Yogyakarta. (Foto: Humas Kafegama DIY)

BERNASNEWS.COM — Rapat ke-3 Pengurus Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (Kafegama) DIY dilaksanakan, Senin (03/02/20), di Innside by Melia Hotel, Yogyakarta. Dalam rapat tersebut dibicarakan tentang persiapan pelantikan pengurus dan penajaman program kerja. Hal itu disampaikanY. Sri Susilo selaku Humas Kafegama DIY.

Sementara, Bogat Agus Riyono selaku Ketua Kafegama DIY periode 2020-2025, menjelaskan, pelantikan pengurus direncanakan pada hari Selasa Wage, 18 Februari 2020, jam 15:30 WIB, di Fakultas  Ekonomika dan Bisnis UGM. Pelantikan dilakukan oleh Pengurus Pusat (PP)  Kafegama.

“Program kerja Kafegama DIY fokus membantu produsen Lurik dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya,” tegas Bogat.

Bentuk kongkret program kerja tersebut, adalah melanjutkan event LIRIK LURIK bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY serta pemangku kepentingan lainnya. “Kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap Selasa Wage,” imbuhnya.

Suasana rapat ke 3 Kafegama penuh dengan keakraban dan santai tapi serius. (Foto: Humas Kafegama)

Kegiatan yang terkait dengan LURIK adalah melakukan kunjungan dan studi lapangan ke sentra-sentra produksi di DIY. Dari hasil kunjungan tersebut akan dipetakan permasalahan dan kemudian akan dicarikan solusi dari aspek ekonomi, akuntansi, dan ekonomi.

“Secara umum seperti pada UMKM permasalahan yang dihadapi produsen LURIK adalah terkait dengan modal, bahan baku, desain, dan pemasaran,” ungkap Y. Sri Susilo

Hasil kunjungan, baik dari pemetaan permasalahan dan alternatif solusi, kemudian didokumentasikan dalam bentuk kertas kerja (working paper). “Program dalam jangka panjang nanti akan diterbitkan buku tentang LURIK yang berisi tentang sejarah, filosofi, proses produksi, jenis atau motif atau corak lurik dan berbagi informasi lain terkait dengan LURIK,” pungkas Y. Sri Susilo. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here