Home Pendidikan Raga Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta Raih Juara 2 Sesorah

Raga Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta Raih Juara 2 Sesorah

612
0
Para Juara Sesorah kategori SMA/SMK/MA se Provinsi DIY foto bersama dengan Dewan Juri, Jumat (25/10/2019). Foto: Humas SMKN 2 YK.

BERNASNEWS.COM — Siswa kelas XI Multimedia SMKN 2 Yogyakarta Rafael Raga Budi Panuntun kembali mendulang prestasi. Kali ini ia berhasil mendapat juara 2 lomba Sesorah kategori SMA/SMK/MA se Provinsi DIY. Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Jumat (25/10/2019), di Gedung Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Humas SMK N 2 Yogyakarta Sumadi, S.Pd, M.Pd kepada Bernasnews.com, menjelaskan, pada lomba kali ini Raga membawakan sesorah dengan judul “Basa Jawa dadi kulina”. Siswa kelas XI Multimedia ini tidak hanya pandai membawakan sesorah, ia juga pandai membawakan geguritan (puisi) Jawa, membaca cerkak (cerpen), hingga menjadi dalang cilik. Raga juga pernah tampil sebagai dalang cilik saat pagelaran wayang Kulit Ki Seno pada perayaan 100 th Prince Juliana School/ 70 th SMK N 2 YK.

“Belum lama ini Raga juga mendapat undangan resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengisi acara dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Acara tersebut diadakan pada tanggal 12 Oktober 2019 di Istora Senayan Jakarta,” jelas Sumadi.

Dalam kesempatan itu, Raga menyajikan pentas sastra mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta karena terpilih sebagai peserta workshop terbaik dalam acara Jogja Literaty Festival (JogLitFest)/ Festival Sastra Yogyakarta.

Sementara, Ida Sulastri, S.Pd dan Deni Setyani selaku pembimbing Raga dalam lomba, menyampaikan, bahwa Raga memang menguasai beberapa kebudayaan Jawa dan senang bila diikutsertakan dalam berbagai lomba dalam rangka pelestarian Kebudayaan Jawa. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here