Home Pendidikan Pustakawan Dituntut untuk Lebih Kritis dalam Menggalakkan Literasi

Pustakawan Dituntut untuk Lebih Kritis dalam Menggalakkan Literasi

164
0
Anggota ATPUSI Kota Yogyakarta foto bersama anggota DPD RI DIY Drs H Muhammad Afnan Hadikusumo pada peringatan Bulan Bahasa 2021. Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – Peringatan Bulan Bahasa pada bulan Oktober 2021 menjadi salah satu pengingat betapa pentingnya untuk meningkatkan literasi di masyarakat. Literasi menjadi penting karena dengan meningkatnya kemampuan berliterasi seseorang dapat memiliki kemampuan berpikir kritis dan berwawasan luas, sehingga diharapkan mampu membuat kualitas diri yang lebih unggul.

Karena itu pustakawan sebagai salah satu SDM penggerak literasi dituntut untuk lebih kritis dalam menggalakkan literasi melalui perpustakaan. Hal ini juga dilakukan Asosiasi Tenaga Pustakawan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Yogyakarta

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh ATPUSI Kota yogyakarta dilandasi fakta bahwa untuk meningkatkan kualitas pustakawan dalam berliterasi maka dibutuhkan skill berkomunikasi interpersonal yang baik,” ujar Hanifa Kasih Surahman S.Sos, selaku Ketua Panitia Kegiatan Bulan Bahasa ATPUSI Kota Yogyakarta dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Sabtu 16 Oktober 2021 malam.

Sementara Pelaksana IT Bulan Bahasa Raszyid Ahmad Setiawan menambahkan bahwa kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memelihara semangat dan meningkatkan peran serta pustakawan dalam menangani masalah bahasa.

ATPUSI (Asosiasi Tenaga Pustakawan Sekolah Indonesia ) Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan dalam peringatan Bulan Bahasa 2021 yang bertemakan Penguatan Pustakawan dalam Berliterasi. Kegiatan ini mendapat dukungan yang sangat baik dari anggota DPD RI DIY Drs H Muhammad Afnan Hadikusumo.Foto: Istimewa

Kegiatan kebahasaan menjadi wadah untuk berkarya, berekspresi, peningkatan kualitas berbahasa Indonesia dan perlombaan bagi pustakawan untuk memeriahkan Bulan Bahasa 2021. Dimulai dengan adanya Tour De Library, Lomba Inovasi Program Literasi Perpustakaan Sekolah yang di ikuti oleh 29 perpustakaan sekolah dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas yang di ambil lima sebagai nominasi terbaik dan tiga kejuaraan yang di umumkan pada puncak acara, jelas Ketua Atpusi Kota Yogyakarta dalam wawancara.

Selain memeriahkan peringatan bulan bahasa, menurut Dewi Istiqomah SE selaku sekretaris ATPUSI Kota Yogyakarta, kegiatan lomba program literasi juga memiliki tujuan meningkatkan semangat setiap sekolah untuk meningkatkan program literasi di setiap perpustakaan dengan menampilkan video kegiatan literasi yang dilaksanakan di perpustakaan masing-masing peserta lomba yang diupload melalui IG TV dengan hastag #atpusi. Hal ini dilakukan agar para peserta lomba dapat saling melihat perpustakaan sekolah lain yang telah menerapkan program Literasi, sehingga diharapkan dapat menjadi pintu untuk saling bersinergi dalam peningkatan program-program literasi di kemudian hari.

Rangkaian kegiatan pengumuman kejuaraan lomba diakhiri dengan Pelatihan Komunikasi Interpersonal sebagai puncak acara Bulan Bahasa pada 15 Oktober 2021 di Gedung DPD RI DIY dengan menghadirkan Drs H Muhammad Afnan Hadikusumo (Anggota DPD RI Daerah Istimewa Yogyakarta), Ferry Anggara SE MM (narasumber), Dewi Istiqomah SE (Moderator) dengan acara yang dilaksanakan secara hybrid.

Pada puncak acara tersebut diumumkan hasil kejuaraan  lomba inovasi program literasi perpustakaan, sebagai juara I Perpustakaan Loka Ghana (SMA N 1 Sedayu), juara II Perpustakaan Darul Hikmah (SD Muhammadiyah Mertosanan),  juara III  Perpustakaan Indra Prasta (SMA N 1 Pundong). Pemenang berhak mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here