Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPuskesmas Kraton Giat Screening Kesehatan Lansia di RW 08 Suryoputran

Puskesmas Kraton Giat Screening Kesehatan Lansia di RW 08 Suryoputran

bernasnews.com – Pengurus Lansia RW 08 Suryoputran bekerja sama dengan Puskesmas Kraton menyelenggarakan kegiatan ‘Screening Kesehatan Lansia’, Selasa (24/5/2022), di nDalem Probodikaran, Jalan Pesindenan, Kelurahan Panembahan, Kemantren Kraton, Yogyakarta.

“Giat Screening Kesehatan ini diikuti lebih dari 55 peserta khusus lansia atau warga yang berusia lebih dari 60 tahun di lingkup wilayah RW 08 Suryoputran, Kelurahan Panembahan,” terang Nani Pudjiastuti selaku Pengurus Lansia RW 08 Suryoputran.

Suasana pemeriksaan tensi, gula darah dan kolesterol oleh petugas Puskesmas Kraton, Yogyakarta, Selasa (24/5/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ bernasnews.com.

Kegiatan ini sendiri, lanjut Nani, merupakan kegiatan dari Puskesmas Kraton, yang rutin keliling secara bergantian di seluruh RW se-Kemantren Kraton. Dengan pemeriksaan kesehatan gratis antara lain, ukur tinggi badan, berat badan, tensi atau tekanan darah, serta pengecekan gula darah dan kolesteol.

“Juga ada semacam lembar test psikologi, barangkali untuk screening kesehatan kejiwaan terkait kepikunan lansia, serta konseling kesehatan atas hasil tes kesehatan sebelumnya,” papar ibu berputra dua dan bercucu satu itu.

Menurut Nanik, bahwa jumlah warga lansia yang ada di RW 08 Suryoputran lumayan banyak, namun karena kondisi yang sudah tidak memungkinkan mereka tidak bisa hadir di sini. “Sementara layanan homecare atau petugas datangi warga lansia di rumahnya belum ada,” pungkas Nani, yang juga seorang aktifis PKK Kelurahan Panembahan.

Usai giat Sceening Kesehatan Lansia, Petugas Lansia RW 08 Suryoputran (TShirt Biru) foto bersama dengan Petugas Kesehatan Puskesmas Kraton, Selasa (24/5/2022), di Depan nDalem Probodikaran, Jalan Pesindenan, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. (Foto: Dok. Pengurus Lansia RW 08 Suryoputran)

Dalam kesempatan itu, bu Sri (60 th) seorang warga lansia saat ditanya bernasnews.com mengungkapkan, bahwa ia kali pertamanya ikut giat pemerikasaan kesehatan semacam ini. “Ikut giat Screen Kesehatan Lansia adalah yang perama kalinya, mungkin karena usia saya sudah masuk kategori lansia sehingga oleh pak RT diberi undangan,” kata dia.

Lanjut bu Sri, bahwa ia merasa bersyukur dari pengecekan tensi, serta gula darah dan kolesterol hasilnya cukup bagus. “Hasil periksa lumayan bagus, hanya disarankan untuk mengurangi gorengan. Beberapa pertanyaan dari petugas puskesmas juga bisa terjawab dengan baik,” ujar bu Sri.

Kegiatan dan kepengurusan Lansia dan PAUD di RW 08 Suryoputran bisa dikatakan sangat aktif hanya sewaktu pandemi diliburkan. Setiap bulan di tempat yang sama rutin diselenggarakan kegiatan berupa tambahan asupan makanan bergizi bagi anak-anak usia PAUD, timbang berat badan. Sedangkan untuk lansia hanya pengecekan tensi darah, juga penyampaian informasi kesehatan. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments