Home News Untuk Pertama Kali, Pura Wisnu Sakti Tambakan Klaten Dikunjungi Dirjen Bimas Hindu

Untuk Pertama Kali, Pura Wisnu Sakti Tambakan Klaten Dikunjungi Dirjen Bimas Hindu

328
0
Suasana pintu depan Pura Wisnu Sakti Tambakan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (26/8/2020) malam saat menerima kunjungan Dirjen Bimas Hindu RI berserta rombongan. (Foto: Kiriman Nur Kesawa)

BERNASNEWS.COM — Pertama yang harus dilakukan oleh Pura Wisnu Sakti Tambakan adalah pembuatan the centre of cultural of Hindus Java, terlebih pura harus memiliki mitra dan hubungan yang baik dengan pengelola candi. Pura juga mempunyai event budaya di Candi Prambanan. Demikian disampaikan oleh Tri Handoko Seto, SSi, MSc selaku Dirjen Bimas Hindu ketika berkunjung ke Pura Wisnu Sakti Tambakan, Jogonalan, Klaten, Rabu (26/8/2020) malam.

Dirjen Bimas Hindu RI Tri Handoko Seto memberikan sambutan pada acara ramah taman dengan umat Hindu Pura Wisnu Sakti Tambakan, Jogonalan, Klaten didampingi Ketua PHDI Klaten, Ketua STHD dan Ketua Yayasan Widya Aksara. (Foto: Kiriman Nur Kesawa)

“Kedua, peningkatan ekonomi keuamatan dan mengambil peran dengan adanya wisata budaya di Prambanan. Dan yang ketiga, mengupayakan program beasiswa bagi putra putri Hindu untuk terus melanjutkan pendidikan tinggi,” ungkap Tri Handoko Seto, sebagai Dirjen Bimas Hindu yang baru dilantik, tanggal 10 Agustus 2020 lalu.

Kunjungan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Hindu ke Klaten, Jawa Tengah dalam rangka proses status Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD) Klaten untuk menjadi sekolah negeri. Sementara dalam kunjungan ke Pura Wisnu Sakti Tambakan, Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto didampingi oleh Ketua PHDI Klaten, Ketua STHD dan Ketua Yayasan Widya Aksara.

Suasana ramah tamah bersama Dirjen Bimas Hindu RI tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ketat. (Foto: Kiriman Nur Kesawa)

“Ini kali pertamanya Pura Wisnu Sakti Tambakan dikunjungi oleh Dirjen Bimas Hindu. Dan mungkin pura pertama di Klaten yang dikunjungi oleh Dirjen yang baru,” jelas Nur Kesawa kepada Bernasnews.co, yang juga dimuat di akun FB Pura Wisnu Sakti, Kamis (27/8/2020).

Sebagai rasa ungkapan terimakasih atas kunjungan Dirjen Bimas Hindu, Nur Kesawa menambahkan, bahwa Pura Wisnu Sakti melalui Sanka Heritage. “Yaitu anak usahanya pura, menyerahkan kenangan cookies (roti kering) berbentuk stupa Borobudur, Prambanan, dan Ratu boko. Selain itu kami juga menjadi guide-nya pak dirjen untuk berkunjung ke candi Prambanan,” pungkas Nur yang juga seorang arkeolog muda. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here