Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeSeni BudayaRatusan Perempuan Berkebaya Gelar Acara Menari dan Pasang Sanggul Bersama

Ratusan Perempuan Berkebaya Gelar Acara Menari dan Pasang Sanggul Bersama

bernasnews.com — Dalam rangka perwujudan cinta dan upaya pelestarian budaya Indonesia, Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta (PBIY) menggelar giat acara Kebaya Menari dan Pasang Sanggul Bersama, Sabtu (14/5/2022), di Halaman Balaikota Yogyakarta, Jalan Kenari, Yogyakarta.

Kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan peserta anggota Komunitas PBIY dan perempuan berkebaya dari komunitas budaya lainnya. Juga dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, dan Pardiman Djoyonegoro, pemilik Padepokan Omah Cangkem sebagai pencipta lagu ‘Kucinta Indonesia’ sebagai pengiring tarian.

Puluhan anggonta komunitas PBIY saat belajar bersama untuk pasang sanggul, Sabtu (14/5/2022), di Halaman Balaikota Yogyakarta. (Foto: Kiriman Nuke)

“Kegiatan bertajuk ‘Kebaya Menari’ ini adalah kolaborasi dari Padepokan Seni Omah Cangkem dan Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta. Lagu yang berjudul ‘Kucinta Indonesia’ adala ciptaan Bapak Pardiman Djoyonegoro, pemilik Padepokan. Sedangkan tariannya adalah hasil ciptaan Koreografer ternama Bapak Anter Asmorotejo,” terang Ketua PBIY Tinuk Suhartini MG, usai kegiatan.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat menyampaikan apresiasai kegiatan budaya yang digelar oleh Komunitas PBIY. (Foto: Kiriman Nuke)

Seperti diketahui, bahwa PBIY berdiri pada bulan Oktober 2015. Komunitas ini mempuyai misi melestarikan budaya Indonesia dan bervisi mengangkat kebaya sebagai busana keseharian perempuan Indonesia.

“Hingga kini lebih dari 50 orang perempuan telah menjadi anggota aktif di komunitas ini. Anggota tidak terbatas usia maupun latar belakang, yang menyatukan adalah kecintaan terhadap pelestarian kebaya sebagai bagian dari budaya Indonesia. Namun dalam giat ini diikuti oleh lebih kurang 200 peserta,” ujar Tinuk.

Puluhan anggota Komunitas PBIY menari bersama sebuah tarian hasil koreografer ternama Anter Asmorotejo, dengan diiringi lagu ‘Kucinta Indonesia’ ciptaan Pardiman Djoyonegoro. (Foto: Kiriman Nuke)

Sementara dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberikan apresiasi yang tinggi pada PBIY. Orang nomor dua di Pemerintahan Kota Yogyakarta juga sangat mendukung kegiatan budaya.

“Saya sangat mendukung kegiatan budaya, terutama kebaya dan busana tradisional, serta menari. Berharap Komunitas PBIY bisa mengadakan event budaya di Malioboro untuk menambah daya tarik pariwisata,” kata mantan wartawan itu. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments