Home Pendidikan Prosa PPKn UPY Kuatkan Pembelajaran Daring dan Mobile Learning System

Prosa PPKn UPY Kuatkan Pembelajaran Daring dan Mobile Learning System

331
0
Program Sarjana (Prosa) PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) menggelar pelatihan daring, di TK KB Tunas Islam Tlogo Kasihan Bantul, DIY. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Pada masa pandemi Corona, proses pembelajaran di semua jenjang menjadi terganggu dan mengadalkan pembelajaran daring. Ketidaksiapan pelaksanaan pembelajaran daring dengan penguasaan teknologi online menjadikan proses pembelajaran tidak ideal.

“Kondisi inilah yang menggugah Program Sarjana (Prosa) PPKn FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) untuk mengadakan serangkaian pelatihan pembelajaran daring,” terang Kepala LPPM UPY Dra. Rosalia Indriyati Saptatiningsih, M.Pd, Jumat (24/7/2020).

Pelatihan daring tersebut dilaksanakan di TK KB Tunas Islam Tlogo Kasihan Bantul, DIY. Materi pelatihan difokuskan pada teknik pembelajaran melalui pembelajaran daring khususnya penggunaan zoom dan google form. Menurut Rosalia, guna melengkapi kemampuan guru dalam penguasaan media pembelajaran online, maka dilatih juga pembuatan media pembelajaran berbasis android. “Strategi ini ditempuh karena saat ini penggunaan mobiile learning system sangat efektif digunakan untuk pemberian materi di level TK dan KB,” ujarnya.

Suasana pelatihan daring oleh Prosar PPKn UPY, di TK KB Tunas Islam Tlogo Kasihan Bantul dengan tetap mengedapankan protokol kesehatan. (Foto: Istimwa)

Pembelajaran daring dan media pembelajaran berbasis android sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran. “Kami jadi memahami tentang teknik daring serta pembuatan media,” ungkap Ibu Sulis Setyowati, S.Pd Kepala Sekolah TK KB Tunas Islam Tlogo.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 22 dan 23 Juli 2020. Pembicara pelatihan ini adalah, Dr. Septian Aji Permana, M Pd dan Supri Hartanto, M Pd, yang merupakan praktisi pendidikan di bidang daring dan media. Lebih lanjut Rosalia Indriyati Saptatiningsih menjelaskan, bahwa pelatihan ini merupakan wujud Tridharma Perguruan Tinggi. Dan diharapkan  ketrampilan yang suah diberikan dapat diimplementasikan bagi proses pembelajaran di masa pandemi.

Para peserta yang dilbatkan adalah seluruh guru TK, dengan cara praktek langsung penggunaan pembelajaran daring dan pembuatan media. Selama pelatihan peserta menggunakan masker, face shield, serta handsanitizer sebagai upaya protokol kesehatan. Hasil akhir dari pembuatan media dijadikan aplikasi Android dan digunakan sebagai sistem pembelajaran online bagi anak-anak TK. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here