Home News Promosi Doktor, Dosen FH UWM Sumbang Pemikiran Soal Ketatanegaraan

Promosi Doktor, Dosen FH UWM Sumbang Pemikiran Soal Ketatanegaraan

282
0
Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram (UWM) Kelik Endro Suryono, SH, MHum lulus dalam ujian terbuka program doktoral, Sabtu (27/2/2021). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Salah satu dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Widya Mataram (UWM) Kelik Endro Suryono, SH, MHum lulus dalam ujian terbuka program doktoral FH Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Ujian Promosi Doktor tersebut dilaksanakan, Sabtu (27/2/2021), di Kampus Unissula, Semarang, Jawa Tengah.

Kelik mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Penguatan Fungsi Legislasi DPD dalam Sistem Parlemen Bikameral berdasarkan Hukum Progresif”. Kelik menjelaskan, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sederajat jika dilihat dari segi hukum tata negara, namun dalam realitasnya fungsi DPD masih di bawah bayang bayang.

Usai ujian promosi doktor Dr. Kelik Endro Suryono, SH, MHum foto bersama dengan keluarga dan Tim Penguji dari FH Unissula, Semarang. (Nuning Harganingsih/ Bernasnews.com)

“Disertasi ini untuk memberikan pelajaran politik sehingga lembaga itu (DPD) dapat berfungsi dengan baik,” ungkap Kelik.

Indonesia sebagai negara kesatuan, lanjut Kelik, terbagi dalam beberapa wilayah terpisah. DPD yang telah terpilih semestinya mampu memperjuangkan kepentingan daerahnya. Fungsi legislasi DPD yang tidak sekuat DPR, maka tidak mampu memperjuangkan kepentingan daerah karena tidak memiliki kewenangan tinggi sebagaimana DPR. Oleh karena itu, konstruksi disertasinya ialah untuk merubah fungsi legislasi DPD sama seperti DPR.

“Saya berharap tulisan saya dapat memberikan sumbangsih dalam aspek pendidikan politik. DPR dan DPD sama sama lembaga politik, akan tetapi masyarakat belum cukup memahami fungsi keduanya meski keduanya juga dipilih oleh masyarakat,” katanya.

Dr. Kelik Endro Suryono, SH, MHum (tengah) foto bersama dengan alumni FH UWM. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Menjadi bagian dari sivitas akademika UWM, Kelik juga berharap disertasinya dengan promotor Prof Dr. Gunarto, SH, SE, Akt, MHum itu dapat memberikan kontribusi pada kehidupan ketatanegaraan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UWM Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M Ec menyampaikan, momentum ini bisa menjadi stimulus bagi dosen lain untuk meng-upgrade diri dengan melanjutkan jenjang akademik tertinggi yakni doktor.

“Di samping untuk pengembangan diri, hal itu juga untuk pengembangan lembaga. Juga berharap Dr. Kelik segera meningkatkan jabatan akademiknya ke guru besar,” tegas Prof. Edy. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here