Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsProgram GENAKTIF, Ajak Remaja Jogja Hidup Sehat dan Kreatif

Program GENAKTIF, Ajak Remaja Jogja Hidup Sehat dan Kreatif

bernasnews.com — Bentuk rasa cinta kita sebagai ibu dapat berwujud berbagai hal. Salah satunya adalah dengan menjadi sahabat dan supporter yang baik bagi anak-anak kita. Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua 1 TP PKK DIY GKBRAA Paku Alam, dalam acara Konferensi Pers #GENAKTIF Yogyakarta, di Karaton Ballroom, Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Rabu (15/6/2022).

“Saya mendukung program GENAKTIF yang tidak hanya memberikan pelatihan kepada remaja, tapi juga kepada orang tua dan guru, sehingga memiliki kiat-kiat menjadi support system yang baik bagi anak,” tutur GKBRAA Paku Alam, mewakiliKetua Penggerak PKK DI Yogyakarta GKR Hemas.

Wakil Ketua 1 TP PKK DIY GKBRAA Paku Alam memukul gong secara simbolis membuka acara giat #GENAKTIF Yogyakarta, Rabu (15/6/2022). Foto: Nuning Harginigsih/ bernasnews.com.

Acara ini menghadirkan nara sumber CEO & Founder BenihBaik.com Andy F. Noya, Wakil Ketua 1 TP PKK DIY GKBRAA Paku Alam, Public Figure Meisya Siregar. Sebagai moderator Dr. Ayu Helena Cornellia, BA, MSi dan Host Venerabella Arin.

Gerakan dan program GENAKTIF (Generasi Sehat dan Aktif) untuk menginspirasi dan mengedukasi para remaja yang berada di DIY. Program GEN AKTIF bertujuan untuk mendorong terciptanya wadah dan lingkungan yang suportif dan kondusif bagi remaja dalam mengembangkan bakat, serta di saat yang sama menjauhkan diri dari perilaku negatif.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DI Yogyakarta Drs. Suhirman, M.Pd mengungkapkan, bahwa program GENAKTIF dapat mendorong semangat remaja untuk berkembang dan fokus pada hal-hal positif.

“Pembangunan karakter tidak hanya bergantung pada anak-anak, tapi kita, sebagai orang tua dan guru juga harus menciptakan lingkungan yang suportif bagi mereka,” kata dia.

Hal senada juga diakui oleh Public Figure Meisya Siregar, pentingnya peran orang tua dan guru dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan kreatif. “Ketika membesarkan seorang anak adalah pentingnya kedekatan antara orang tua dan anak. Dukungan moril sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak,” ujar Meisya.

Acara #GENAKTIF dihadiri oleh guru, anggota PKK dan juga beberapa jurnalis media yang ada di DIY. (Nuning Harginingsih/ bernasnews.com)

Sementara itu, CEO & Founder BenihBaik.com Andy F. Noya mengungkapkan, bahwa para remaja di Indonesia pada dasarnya membutuhkan lingkungan yang dapat memberikan dukungan dalam meraih cita-citanya.

Menurut presenter TV ini, tidak hanya dukungan di bidang pendidikan saja, tapi sebagai orang tua harus bisa memahami kebutuhan mereka sehari-hari agar anak-anak kita tidak terjerumus kepada perilaku negatif.

Dengan mengusung tagar #KamiGENAKTIF di media sosial, program ini diharapkan dapat menjadi pionir dalam mengampanyekan kebiasaan untuk selalu hidup sehat dan kreatif bagi para remaja di Indonesia, untuk menciptakan remaja yang unggul dalam menyambut Indonesia Emas 2045.

“Siswa-siswi SMP dan SMA di Yogyakarta telah membagikan beragam hal positif sebagai bagian dari rangkaian aktivitas program ini, mulai dari bakat yang ditekuni hingga hasil kreativitas, seperti poster dan video, di media sosial,” papar dia.

PT. HM Sampoerna, Tbl yang diwakili oleh Arif (Kanan) foto bersama nara sumber. (Nuning Harginingsih/ bernasnews.com.

Program yang juga didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk, fokus untuk mengedukasi anak-anak dan remaja Indonesia untuk menjauhi aktivitas merokok. Diantaranya dengan memanfaatkan media sosial. Permasalahan merokok di kalangan remaja, khususnya anak-anak di bawah umur 18 tahun, menjadi perhatian utama. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama semua pihak, mulai dari orang tua hingga guru, untuk mengatasi masalah tersebut.

“Melalui berbagai kegiatan positif yang kami tanam, kami harap program ini juga dapat menghasilkan perubahan yang baik, berkelanjutan, dan berjangka panjang bagi Indonesia. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi demi generasi penerus bangsa yang cerdas, sehat, dan berdaya saing,” tutup Andy F. Noya. (nun/ ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments