Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanProdi Sosiologi UAJY Laksanakan MBKM Bersama PT Lain

Prodi Sosiologi UAJY Laksanakan MBKM Bersama PT Lain

bernasnews.com – Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) F.X. Bambang K. Prihandono, MA mengatakan, dalam rangka mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemendikbud, Program Studi Sosiologi sebagai bagian dari UAJY membangun kolaborasi dengan beberapa institusi untuk menciptakan serangkaian proses pembelajaran yang tidak hanya melibatkan proses belajar mengajar di kelas, namun juga workshop dan praktik lapangan.

“Kerja sama yang dimaksud dilakukan dengan beberapa institusi pendidikan tinggi lain yakni Universitas Negeri Surakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Namun selain itu, kerja sama juga melibatkan beberapa unsur di luar ranah akademik, yakni relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Surakarta, masyarakat Kampung Sewu, Kampung Semanggi, dan Kampung Sangkrah, Surakarta, Yayasan Sanggar Ragam, serta Yayasan Pondok Rakyat,” kata Bambang Prihandono kepada bernasnews.com di Yogyakarta, Selasa (17/5/2022)

Dia mengatakan hal itu sehubungan akan diadakannya Lokakarya MBKM Walking Methodologies, di Ruang 4004 Kampus FISIP UAJY, Rabu (18/5) pukul 16.00 – 18.00 WIB. Tampil sebagai penyaji anthropolog Ignatius Kendal.

Pengalaman belajar di era kontemporer

Bambang Prihandono berharap, kolaborasi tersebut mampu mendukung proses belajar mengajar di dalam masing-masing unit institusi pendidikan yang terlibat. Dalam hal ini, diharapkan kerja sama tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan konteks praktik hidup sosial masyarakat Indonesia dalam era kontemporer ini. Selain itu, diharapkan pula kerja sama ini serta dapat membuka peluang pertukaran informasi antara civitas akademik dengan aktivis di bidang kebencanaan dan masyarakat. Timeline kegiatan ini dimulai Februari sampai dengan Juli 2022.

“Tujuan dari kegiatan kerja sama ini antara lain sebagai perwujudan komitmen dan dukungan Prodi Sosiologi UAJY dalam pelaksanaan kurikulum MBKM, membangun relasi antar lembaga tinggi pendidikan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, serta penelitian, memberikan wadah berlatih bagi mahasiswa dan aktualisasi pada bidang akademik, serta memberikan wadah diskusi dan saling tukar ilmu pengetahuan antara civitas akademika dengan lembaga non pemerintah dan masyarakat,” kata Bambang Prihandono.

Menurut dia, tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi proses perkuliahan, workshop, studi lapangan, pameran virtual dan diskusi. Target peserta dari kegiatan kerja sama ini adalah mahasiswa dari beberapa institusi pendidikan tinggi yang terlibat. Khususnya adalah mahasiswa aktif yang terdaftar dalam program studi sosiologi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Negeri Surakarta, dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (mar).

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments