Tuesday, May 24, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsProdi Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta Menawarkan Komunikasi Pemberdayaan

Prodi Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta Menawarkan Komunikasi Pemberdayaan

bernasnews.com – Pemerintah dan masyarakat dalam kondisi normal, dan apalagi dalam kondisi pandemi Covid 19 saat ini, tentu akan selalu berusaha agar kita semua eksis, kuat dan berdaya. Dampak yang ditimbulkan dalam pandemi sekarang ini jangan sampai membuat masyarakat terpuruk.

“Sejalan dengan platform Program Studi (Prodi) Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta yang menawarkan komunikasi pemberdayaan, yaitu komunikasi yang berpihak kepada kepentingan masyarakat, adalah dengan menempatkan masyarakat pada posisi sebagai subyek dan bukan lagi sebagai subyek,” kata Ketua Prodi Komunikasi Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta Habib Muhsin, S.Sos., M.Si kepada bernasnews.com yang menemuinya di ruang dosen Prodi Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta, Jalan Timoho 317 Yogyakarta, Kamis (24/3/2022).

Menurut Habib, menghadapi perubahan dan dinamika tantangan masyarakat yang semakin kompleks, baik sosial, politik dan ekonomi, berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Prodi Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta menyiapkan lulusan kompeten di berbagai profesi pekerjaan.

“Dengan visi ‘Menjadi Pusat Pengembangan Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa’ kami senantiasa menjaga sekaligus meningkatkan kualitas akademik serta berbagai keterampilan melalui pembelajaran dengan sistim penjaminan mutu pendidikan yang mengacu pada pelaksanaan standar Pendidikan Tinggi Nasional secara internal dan eksternal serta Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia atau KKNI,” kata dia.

Habib mengatakan, prodi Komunikasi ini mengedepankan proses pembelajaran partisiatif, dialogis, dan mengembangkan semangat keterbukaan, kemitraan antara dosen dan mahasiswa. Spesifikasi lulusan prodi komunikasi ini menjadi konsultan bidang komunikasi, praktisi humas, fasilitator masyarakat, akademisi serta peneliti di bidang komunikasi dan sosial.    

Beberapa alumni Prodi Komunikasi STPMD “APMD” Yogyakarta antara lain : Wakil Ketua DPRD Bantul DIY Nur Subiyantoro, S.IKom., Kapolsek Jetis Bantul Hatta Azharudin, S.Sos., M.IP., Dosen Universitas Batu Raja Dr Hendra Afani, S.Sos., M.Si, Fasilitator Pemberdayaan Afrisal, S.Sos., Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, General Manager Garuda  Indonesia Yogyakarta Kirana Dewi, S.IKom., Kabid Perencanaan Pembangunan Kabupaten Parigi Moulang Palu Jerin, inews MNC Bagus Suryo Utomo.  (mar)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments