Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsProdi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” dan bDA Berencana Gelar Lomba Literasi

Prodi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” dan bDA Berencana Gelar Lomba Literasi

bernasnews.com — Program pendidikan (Prodi) Ilmu Komunikasi merupakan bagian 5 prodi yang ada di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) “APMD” Yogyakarta. Lima Prodi tersebut meliputi, Prodi Pembangunan Masyarakat Desa, Pembangunan Sosial, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan, yang terbagi Program S1 dan Paska Sarjana S2.

Hal itu disampaikan oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” Habib Muhsin, S.Sos, M.Si didampingi oleh Sekretaris Prodi Komunikasi Dr. Irsasri, M.Pd ketika menerima kunjungan rombongan bernasnews Digital Academy (bDA), di ruang kerjanya, Senin (20/6/2022).

“Kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi telah mengacu pada kurikulum ‘Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar’ untuk mahasiswa tahun 2021 serta berikutnya. Sedangkan mahasiswa tahun 2020 dan sebelumnya mempergunakan kurikulum lama,” kata Habib.

Dari sisi mata kuliah, lanjut Habib, prodi ilmu komunikasi tidak jauh berbeda dengan prodi ilmu komunikasi kampus yang lain. Hanya bedanya implementasinya pada semangat pemberdayaan sebagaiman tagline prodi ‘Pelopor Komunikasi Pemberdayaan’.

“Prodi Ilmu Komunikasi sendiri lahir atau dibentuk sekitar tahun 87an, dimana saat itu banyak dibutuhkan SDM juru penerangan. Berawal dari Ilmu Penerangan kemudian menjadi Ilmu Komunikasi,” terang dia.

Kaprodi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” Habib Muhsin, S.Sos, M.Si (Kanan) didampingi oleh Sekretaris Prodi Komunikasi Dr. Irsasri, M.Pd saat menerima rombongan bDA dan bernasnews.com, Senin (20/6/2022). Foto: Tedy Kartyadi/ bernasnews.com

Sementara itu, Direktur bDA YB. Margantoro yang didampingi Pemimpin Umum bernasnews.com Philipus Jehamun dan Divisi Bisnis Nuning Harginingsih, Tedy Kartyadi mengungkapkan, bahwa kunjungan ini dalam rangka menyambung silaturahmi serta penjajakankemungkinan kerja sama kembali seperti pernah dilakukan.

“Ketika media kami masih ber-platform cetak (Harian Bernas) kerja sama yang pernah dilakukan dengan STPMD “APMD” cukup intens. Meskipun secara kekinian dalam bentuk online, namun semangatnya masih sama sebagaimana yang ada dalam Tri Darma perguruan tinggi,” terang wartawan senior dan penggiat litersasi itu.

Sekretaris Prodi Komunikasi STPMD “APMD” Dr. Irsasri, M.Pd menambahkan, bahwa dalam pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi, khususnya dalam pengabdian pada masyakarta, pihak kampus pada tahun ini bekerja sama dengan Desa Gilangharjo, Pandak, Bantul dan juga Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman.

“Selain berupa penelitian, untuk Prodi Komunikasi memberikan ketrampilan komunikasi kepada masyarakat setempat. Di desa Gilangharjo ada program Komite Kesejahteraan Keluarga dan Anak, di sini kami berikan ketrampilan komunikasi yang terkait keluarga, sedangkan di Sambirejo komunikasi terkait kepariwisataan,” kata Irsari, yang juga dosen Bahasa Indonesia.

Di akhir kunjungan tersebut, kedua belah pihak antara manajemen bDA dan Prodi Ilmu Komunikasi STPMD “APMD” bersepakat untuk mengikat kerja sama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). Juga dalam waktu dekat keduanya bersama akan menggagas sebuah event yang terkait giat literasi. (ted)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments