Home News Presidium Persaudaraan Nusantara akan Mendeklarasikan “Sikap Nusantara”

Presidium Persaudaraan Nusantara akan Mendeklarasikan “Sikap Nusantara”

646
0
Kyai Ihsanudin (kiri) dari Pesantren Paseduluran Al Ihwan Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman sebagai Presidium untuk Jawa Bali bersama Agam Hafidiyanto SH sebagai Presidium Jatim. Foto : Istimewa.

BERNASNEWS.COM — Sejumlah tokoh visioner dari 34 provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Persaudaraan Nusantara membentuk Dewan Presidium yang terdiri dari Mayjen (Purn) Tatang Zainudin sebagai Ketua Dewan Presidium, Mohammad Agam Hafidiyanto SH (Jawa Timur), Erdina Adam (Papua), Samad As Morasa (Maluku Utara) dan Kyai Mlangi Ihsanudin (Yogyakarta). Selanjutnya, Dewan Presidium ini akan mendirikan sebuah oranisasi kemasyarakatan (ormas) dengan nama Sikap Nusantara.

“Rencananya akan segera diadakan rapat Dewan Presidium sekaligus deklarasi atas berdirinya Sikap Nusantara yang didukung oleh 34 propinsi di Indonesia. Dan untuk pertama kalinya kantor representatif direncanakan berlokasi di DKI Jakarta dan Kantor Dewan Pengurus Pusat berlokasi di Provinsi Papua,” kata Khumeri dari Persaudaraan Nusantara Perwakilan DIY dalam rilis yang dikirim ke Redaksi Bernasnews.com, Jumat (4/10/2019).

Menurut Khumeri, dipilihnya Provinsi Papua sebagai lokasi Kantor Dewan Pengurus Pusat mengandung makna untuk mengambil inisiatif membangun dari timur ke barat seperti matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Selain itu, para pendiri memandatkan 4 koordinator yang mewakili 4 wilayah yaitu Wilayah Timur oleh Hartanto Yoku, Wilayah Tengah oleh Kaharuddin SP, Wilayah Barat oleh Rachmat Bayuni dan Wilayah Wali (Jawa Bali) oleh Kyai Ihsanudin. Mereka bekerja dengan tagline #bersamaSIKAPNUSANTARAmembangunINDONESIA.

Khumeri (duduk/minum air mineral) di antara perwakilan Sikap Nusantara dari 34 provinsi di Indonesia dalam suatu acara di Jakarta. Foto : Istimewa

Kyai Ihsanudin (Yogyakarta) seperti dikutip Khumeri mengatakan, ia merasa bangga dipercaya menjadi koordinator perwakilan wilayah WALI (Jawa Bali), apalagi Yogyakarta yang berada di tengah-tengah Pulau Jawa merupakan awal mula Republik Indonesia berdiri.

“Saya sangat yakin karena berdiri bersama 34 saudara saya dari 34 propinsi yang saling mengisi dan memperkuat Sikap Nusantara sebagai wadah yang bermanfaat bagi masyarakat. Masyarakat akar rumput yang menjadi prioritas kami melalui kerjasama dengan pihak pemerintah terutama pihak kementerian dan melalui program kerja Sikap Nusantara,” kata Ihsanudin.

Menurut Kyai Ihsanudin, organisasi tersebut akan dideklarasikan pada tanggal yang unik yakni pada 02022020 (20 Pebruari 2020). Dan ia merasa bangga mendapatkan mandat sebagai Ketua Koordinator Wilayah Wali (Jawa-Bali) yang dikenal sebagai Four Golden Regions di Sikap Nusantara.

Ketua Dewan Presidium Persaudaraan Nusantara Mayjen (Purn) Tatang Zainudin. Foto : Istimewa

Sementara Ibu Erdina dari perwakilan Papua melalui layanan pesan whatsapp (WA) ke Sekjen Sikap Nusantara Mohammad Agam dan diteruskan ke WAG Sikap Nusantara, mengatakan bahwa melihat kondisi Papua saat ini sangat membutuhkan perubahan dan melalui persaudaraan nusantara. “Papua sangat membutuhkan uluran tangan dari mereka yang mau membantu meringankan beban Tanah Papua bersama dengan 33 provinsi yang lain,” kata Ibu Erdina yang mendapat mandat sebagai Ketua Umum Sikap Nusantara.

Dari informasi yang berkembang, menurut Khumeri, Rakornas Sikap Nusantara direncanakan akan dilaksanakan di Jayapura, Papua. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here