Monday, August 8, 2022
spot_imgspot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPresiden Jokowi Resmikan 2 Bendungan di Jatim Mengairi 7.450 Hektar Lahan

Presiden Jokowi Resmikan 2 Bendungan di Jatim Mengairi 7.450 Hektar Lahan

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 2 bendungan di Jawa Timur, Selasa 30 November 2021. Kedua bendungan tersebut mampu mengairi total lahan seluas 7.450 hektar.

Kedua bedungan yang diresmikan Presiden Jokowi itu adalah Bendungan Tugu di Kabupten Trenggalek dengan kapasitas tampung hingga 12 juta meter kubik dan dapat mengairi 1.250 hektar lahan, sementara Bendungan Gongseng berdaya tampung 22 juta meter kubik dan diharapkan bisa mengairi lahan seluas 6.200 hektar lahan.

“Dua bendungan baru saya resmikan hari ini di Jawa Timur yakni Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro. Keduanya telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan dan manfaat lain sebagai sumber air baku dan mereduksi banjir,” kata Presiden Jokowi dilansir Bernasnews.com dari akun twitter @jokowi yang diunggah pada Selasa 30 November 2021.

Dalam peresmian itu, Presiden Jokowdidampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensesneg Pratikno, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Dardak, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah.

Menurut Presiden Jokowi, kedua bendungan telah siap dimanfaatkan dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat diharapkan makin meningkat, petani makin sering menanam dan lebih produktif, sehingga pendapatannya akan meningkat.

Bendungan Tugu menjadi penyedia air baku sebesar 12 liter/detik, mengurangi debit banjir di Kabupaten Trenggalek sebesar 42,47 m3/detik,dan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,4 MW. Sementara itu, Bendungan Gongseng juga berfungsi sebagai penyedia air baku sebesar 300 liter/detik, konservasi pariwisata, reduksi banjir 133,27 m3/detik dan sebagai PLTMH sebesar 0,7 MW.

“Alhamdulillah selesai ya pak Boss, setelah kerja keras kita, prikiran tenaga harta kita kerahkan semua bermamfaat demi warga trenggalek dan sekitar dan anak cucu nanti Insyak Alloh, saya pertama kali di mintak tolong berat mau nolak , apalagi demi kebaikan warga, saya kerjakan,” komentar Muyoto di akun twitter @Muyoto19. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments