Home News Presiden Jokowi: PON sebagai Panggung Persatuan, Kebersamaan dan Persaudaraan

Presiden Jokowi: PON sebagai Panggung Persatuan, Kebersamaan dan Persaudaraan

108
0
Presiden Joko Widodo membuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021 pukul 17.00 WIB atau pukul 19.00 WIT. Foto: Foto: PB PON XX Papua

BERNASNEWS.COM – Acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang digelar di Stadion Lukas Enembe Jayapura pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021, mulai pukul 17.00 WIB atau pukul 19.00 WIT, berlangsung meriah dan aman.

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka PON XX Papua yang akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 dengan mempertandingkan sejumlah cabang olahraga tersebut. Suasana acara pembukaan tampak meriah dengan aneka suguhan hiburan berupa tari, lagu-lagu daerah maupun nasional yang dibawakan artis lokal maupun nasional.

Dalam saambutannya, Presiden Jokowi mengaku bangga berada di Tanah Papua dan Stadion Lukas Enembe yang menjadi stadion terbesar di Asia Pasifik.

“Kita bangga membuka PON yang pertama kali digelar di tanah Papua. PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini merupakan panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan keadilan untuk maju bersama sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan PON XX Papua 2021.

Sebelumnya Gubernur Lukas Enembe mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah kepada Papua untuk menyelenggarakan PON XX 2021.

“Kami terbuka lebar menyambut teman-teman semua. Saya berterima kasih kepada panitia penyelenggara atas kegiatan yang luar biasa ini. Kami berusaha membuat banyak senyum dan tawa. Dari Tanah Papua kami akan tunjukkan kepada sahabat-sahabat di Nusantara, bahw masyarakat Papua juga menjadi bagian tidak terpisahkan dari Indonesia, Merah Putih ada dalam hati dan jiwa kami,” tegas Lukas Enembe.

Meski acara pembukaan PON baru dimulai pukul 19.00 WIT, namun menurut Menkopolhukam Mahfud MD, sejak pukul 14.00 WIT atau pukul 12.00 WIB masyarakat sudah mulai berbondong-bondong datang ke stadion. Masyarakat sangat antusias dan Papua tampak ceria.

PON XX di Stadion Lukas Enembe Jayapura dibuka jam 19.00 WIT (17 WIB) tp sejak jam 14.00 WIT (12 WIB) masyarakat sdh ber-bondong2 menuju Stadion. Beberapa menteri, Pimp KONI, PB Pon, jam 17.30 WIT jg sdh mulai berdatangan. Masyarakat sangat antusias, Papua tampak ceria,” cuit Menkopolhukam Mahfud MD dikutip Bernasnews.com dalam akun twitternya @mohmahfudmd pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Sebelum PON XX Papua digelar pada 2-15 Oktober 2021, pemerinth pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk pertandingan dan akomodasi bagi ribuan atlet dari seluruh provinsi di Indonesia. Beberapa venue tersebut adalah Istora Papua Bangkit, venue aquatic dan panahan di Kampung Harapan, Sentani Timur, venue hockey indoor dan outdoor di Kompleks Olahraga Doyo Baru, Waibu sampai venue dayung di Teluk Youtefa. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here