Home News Presiden Jokowi: Lombok Bukan Hanya Mandalika

Presiden Jokowi: Lombok Bukan Hanya Mandalika

29
0
Animasi keindahan pantai di Lombok, NTB. Foto: tangkapan layar video di [email protected]

BERNASNEWS.COM – Nama Mandalika kini mendunia sejak event World Superbike digelar di salah satu sirkuit terindah di dunia itu pada awal Desember 2022. Bersamaan dengan itu, nama Pulau Lombok, NTB pun semakin mendunia karena Sirkuit Mandalika berada di Pulau Lombok, tepatnya Lombok Tengah.

Namun, menurut Presiden Joko Widodo, Lombok bukan hanya Mandalika. Tapi banyak tempat yang indah dan menarik di Pulau Lombok, NTB. Sehingga siapa pun yang akan berkunjung ke Lombok, NTB, akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Sebut saja antara lain Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Sendang Gile, Bukit Merese, desa-desa adat dan sebagainya.

“Mandalika, siapa yang tak mengenalnya kini? Di sana ada sirkuit balap berkelas dunia yang siap menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP. Tapi Lombok bukan hanya Mandalika. Siapa pun yang berkunjung ke Lombok, NTB, akan terpesona oleh bentang alamnya, dari laut sampai gunung. Pantai Tangsi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Sendang Gile, Bukit Merese, desa adat dan sebagainya,” tulis Presiden Joko Widodo di akun instagramnya.

“Semoga suatu saat saya bisa berkunjung gratis ke Lombok. Aamiin,” kata pemilik akun @yeyen.aksesoris di kolom komentar.

Sirkuit Mandalika sendiri, menurut Presiden Joko Widodo, terletak di bibir Samudera Hindia, sehingg sirkuit ini begitu indah. Bahkan kita dapat menikmati pemandangan ke arah sirkuit dan samudera sekaligus. Jalanan dan tikungan sirkuit, hamparan rumput, sampai permukaan Samudera Hindia menjadi paduan pemandangan yang sangat menarik.

Animasi keindahan pantai di Lombok, NTB. Foto: tangkapan layar video di [email protected]

Menurut Presiden Jokowi, Sirkuit Mandalika bukan sekadar urusan balap motor semata, melainkan juga menyangkut ekonomi masyarakat. Event besar yang mendatangkan para pebalap, penonton dan wisatawan dari seluruh penjuru dunia tu harus memberi dampak ekonomi kepada warga sekitar.

Karena itu, menurut Presiden Jokowi, sarana-sarana hunian pariwisata berupa homestay telah dibangun di sejumlah desa di Kabupaten Lombok Tengah yang pembenahannya dibantu oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Dikatakan, untuk menyambut gelaran MotoGP di Mandalika, pemerintah telah melakukan pembenahan 915 unit sarana hunian pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Mandalika yang terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya. Homestay dan rumah swadaya ini dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung untuk menikmati ajang MotoGP.

“Tadi di Lombok, saya meninjau langsung homestay dan rumah swadaya tersebut, dan saya optimistis bahwa semuanya akan terisi penuh pada saat penyelenggaraan MotoGP nanti,” kata Presiden Jokowi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here