Home News Presiden Jokowi: Indonesia Peringkat 4 Dunia Jumlah Warga yang Sudah Divaksin

Presiden Jokowi: Indonesia Peringkat 4 Dunia Jumlah Warga yang Sudah Divaksin

109
0
Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi). Foto: Tangkapan Layar Youtube.

BERNASNEWS.COM – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-4 di dunia dari total 220 negara dari sisi jumlah orang yang disuntik vaksin, setelah India, Amerika Serikat dan Brazil. Hingga saat ini, program vaksinasi nasional telah menjangkau 58,7 juta orang.

Sementara itu, berdasarkan total suntikan, Indonesia saat ini berada pada peringkat ke-7 di dunia dengan total suntikan mencapai 91,9 juta dosis. Posisi Indonesia hanya kalah dari Jerman, Jepang, Brazil, Amerika Serikat, India dan Republik Rakyat Tiongkok.

“Kita bersyukur saat ini angka konfirmasi positif Covid-19 harian sudah menunjukkan tren penurunan, terutama jika dibandingkan dengan angka pada saat Indonesia mengalami lonjakan ksus pertengahan Juli 2021 yang mencapai 56.000 kasus,” kata Presiden Jokowi dalam pertemun dengan Pimpinan Parpol di Istana Negara Jakarta, hari Rabu, 25 Agustus 2021.

Menurut Presiden Jokowi, perkembangan kasus harian Covid-19 masih belum bisa diduga. Meski demikian, Presiden bersyukur saat ini angka konfirmasi positif Covid-19 harian sudah menunjukkan tren penurunan, terutama jika dibandingkan dengan angka pada saat Indonesia mengalami lonjakan.

“Alhamdulillah pada hari ini, 24 Agustus, (angka kasus harian) kita sudah berada di angka 19 ribu dari 56 ribu. Inilah saya kira proses belajar juga yang kita lakukan. Saya telepon beberapa negara yang kita nilai berhasil melakukan pengendalian dan kita coba untuk modifikasi di sini dalam rangka pengendalian di Indonesia,” ujar Presiden yang dikutip Bernasnews.com dari laman presidenri.go.id yang diunggah Sabtu, 28 Agustus 2021.

Menurut Presiden Jokowi, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit juga mengalami perbaikan. Pada pertengahan Mei, angka BOR nasional mencapai 29 persen, kemudian pada Juli sempat melompat hampir 80 persen.

Namun, saat ini kita sudah bisa turunkan lagi menjadi 30 persen. “Alhamdulillah, ini juga patut kita syukuri. Semua bekerja. TNI-Polri, kementerian, BUMN, pemerintah dan daerah, semuanya ramai-ramai,” kata Presiden Jokowi.

Dikatakan, angka kesembuhan nasional juga mengalami peningkatan yang baik dan sudah berada di atas angka rata-rata dunia. Saat ini, tingkat kesembuhan Indonesia berada pada angka 89,97 persen, sementara rata-rata dunia pada angka 89,5 persen. “Yang masih belum bisa kita selesaikan, ini yang saya selalu sampaikan ke Menteri Kesehatan, selalu saya sampaikan ke pemerintah daerah, urusan angka kasus kematian ini harus betul-betul ditekan terus,” kata Presiden. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here