Home News Praon Cawan Argodadi, Naik Perahu Menikmati Indahnya Alam Pinggiran Sungai Progo

Praon Cawan Argodadi, Naik Perahu Menikmati Indahnya Alam Pinggiran Sungai Progo

1925
0
Suasana syuting Youtuber Yossie Riyani saat mengcover Lagu Jaranan bersama grup Jathilan Mardi Raharjo, Senin (24/5/2021), di Obyek Wisata Cawan Praon Argodadi, Sedayu, Kabupaten Bantul, DIY. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Pingin menikmati waktu liburan dengan bermain kano atau naik perahu di sungai sembari melihat pemandangan yang asri, tak perlu harus jauh-jauh berwisata ke luar kota yang menghabiskan biaya lumayan banyak dan harus menginap. Ada sebuah destinasi wisata untuk menikmati libur semacam itu yang cukup dekat dan mumer berada di wilayah Kabupaten Bantul, DIY.

Obyek wisata alam Praon Cawan Argodadi, destinasi ini tepatnya di Cawan Niten, Dusun Cawan, Kalurahan Argodadi, Kapanewon Sedayu, Kabupaten Bantul. Sebelah barat berkisar 19 Kilometer dari Kota Yogyakarta. Destinasi wisata ini dibuka secara resmi pada tahun 2018.

Salah satu fragmen tarian dari grup Jathilan Mardi Raharjo, Sedayu, Bantul dalam acara syuting cover Lagu Jaranan, Senin (24/5/2021), di altar obyek wisata Cawan Praon, Kabupaten Bantul. (Foto: istimewa)

“Asal muasal Praon Cawan dulunya tempat penyeberangan warga dua wilayah Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulon Progo yang dibatasi oleh sungai Progo. Karena di Kapanewon Sentolo wilayah Kabupaten Kulon Progo ada pusat perekonomian berupa pasar,” terang Yossie Riyani, di sela-sela pengambilan video untuk chanel Youtube, Senin (24/5/2021).

Tapi dengan seiringnya waktu dan berkembangnya moda transportasi, lanjut Yossie, perahu gethek sebagai transport penyeberangan ditinggalkan dan warga setempat lebih suka mengendarai motor atau naik transportasi umum. “Maka kisaran tahun 2017 timbul ide dari beberapa warga untuk merintis sebagai tempat wisata dan sepakat diberi nama Praon Cawan,” ungkap Youtuber pelantun lagu Jawa itu.

Usai syuting cover Lagu Jaranan, kelompok penari dari grup Jathilan Mardi Raharjo, Sedayu, Bantul foto bersama di altar obyek wisata Praon Cawan. (Foto: istimewa)

Wanita Jawa pemilik nama asli Yosi Ikariyani menambahkan, bahwa selaku youtuber yang juga sebagai warga Sedayu ini merasa punya semacam tanggung jawab untuk ikut memperkenalkan kekayaan berupa destinasi wisata kepada khalayak, dengan cara syuting cover Lagu Jaranan di obwis Praon Cawan. Pihaknya juga menggandeng grup Jathilan Mardi Raharjo.

“Jadi dalam syuting ini ada 2 tujuan, mempromosikan destinasi wisata Praon Cawan. Juga melestarikan kesenian tradisional jathilan. Grup Jathilan Mardi Raharjo pusatnya di Metes, Argorejo, Sedayu berdiri sejak 17 Agustus 1951. Saat ini merupakan generasi ketiga dipimpin Widi Hartono, generasi pertama dipimpin Alm. Budi Sutrisno dan kedua Hadi Suratno,” imbuh Yossie Riyani.

Obwis Praon Cawan buka setiap hari, suasana alam pedesaan yang masih asri. Pengunjung dapat meinikmati keindahan alam pinggir sungai Progo, dengan naik perahu bermotor juga bisa naik kano sekalian berolah raga dayung. Sajian kuliner khas aneka olahan ingkung (daging ayam). Untuk naik perahu dan sewa kano tidak perlu merogoh saku dalam-dalam. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here