Home News PPKM Level 4, Pemkot Yogyakarta Izinkan Pelaku Ekonomi Buka dengan Batasan Waktu

PPKM Level 4, Pemkot Yogyakarta Izinkan Pelaku Ekonomi Buka dengan Batasan Waktu

248
0
Suasana dalam Pasar Beringharjo Yogyakarta, sebelum PPKM dan sekadar untuk penghias berita. (Foto: Dok. Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Pemerintah Kota Yogyakarta mengizinkan para pelaku ekonomi untuk membuka lapaknya selama perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, mulai tangal 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang dengan batasan waktu. Demikian disampaikan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Seperti dikutip dari Portal Pemberitaan Pemerintah Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menerangkan, bahwa pihaknya akan selalu mengikuti kebijakan pemerintah pusat maupun kebijakan dari Pemda DIY. “Tentu kami akan selalu mengikuti kebijakan dari pemerintah pusat, karena sudah diperbolehkan berjualan maka kami mengikuti,” ungkap Haryadi saat melakukan dialog dengan PHRI DIY melalui daring, Selasa (26/7/2021).

Warung makan, PKL, lapak jajanan dan sejenisnya sudah diizinkan buka sampai pukul 20:00 WIB, namun dengan protokol kesehatan yang ketat. “Dengan maksimal pengunjung makan di tempat 30 persen dan waktu makan 20 menit, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tegasnya.

Sementara untuk restoran, rumah makan, dan kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung atau toko tertutup, baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan atau mall hanya boleh menerima pesanan delivery atau take away dan tidak boleh menerima pasanan untuk makan di tempat.

Walikota Yogyakarta juga menyarankan agar para pelaku ekonomi yang membuka pada malam hari mempertimbangkan pelayanannya, mengingat setelah pukul 20:00 WIB aktivitas jual beli di wilayah Kota Yogyakarta harus berhenti. Ia berharap agar para pelaku ekonomi untuk menyesuaikan dengan aturan kebijakan yang ada. Juga selalu mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

“Kita semua harus tetap disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” ujar orang nomer satu di Pemkot Yogyakarta itu. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here