Home News PPKM Diperpanjang Hingga 6 September, Mall Boleh Buka hingga Pukul 21.00 WIB

PPKM Diperpanjang Hingga 6 September, Mall Boleh Buka hingga Pukul 21.00 WIB

124
0
Presiden Joko Widodo. Foto: kominfo.go.id

BERNASNEWS.COM – Meski PPKM kembali diperpanjang dan kali ini berlangsung hingga 6 September 2021, namun penerapannya lebih longgar bahkan mendekati keadaan normal. Salah satunya kelonggaran itu adalah mall-mall di PPKM Level 3 ke bawah diperbolehkan dibuka hingga pukul 21.00 WIB.

Pelonggaran penerapan PPKM dilakukan karena ada sejumlah daerah yang sudah diturunkan level PPKM ke Level 3 ke bawah karena situasi pandemi Covid-19 secara umum di Tanah Air mengalami tren perbaikan dalam satu minggu terakhir. Salah satu indikasi tren positif itu adalh tingkat positivity rate terus menurun dalam 7 hari terakhir.

Selain itu, tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus Covid juga semakin membaik. Rata-rata BOR nasional sudah berada di sekitar 27 persen.

Menurut Presiden Joko Widodo dalam pernyataan terkait perkembangan PPKM di Istana Merdeka Jakarta, pada Senin, 30 Agustus 2021, pemerintah memutuskan mulai tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2021 adapenambahan wilayah aglomerasi yang masuk ke PPKM level 3, yakni Malang Raya dan Solo Raya. Sementara wilayah Semarang Raya berhasil turun ke level 2.

“Sehingga wilayah yang masuk ke dalam level 3 pada penerapan minggu ini adalah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya dan Surabaya Raya, Malang Raya dan Solo Raya,” kata Presiden Jokowi dikutip Bernsnews.com dari laman presidenri.go.id yang diunggah Senin, 30 Agustus 2021.

Secara keseluruhan, kata Presiden Jokowi, penanganan pandemi Covid-19 di Jawa-Bali memiliki perkembangan yang cukup baik. Wilayah yang masuk ke level 4 mengalami penurunan dari 51 kabupaten/kota menjadi 25 kabupaten/kota, wilayah yang masuk ke level 3 dari 67 kabupaten/kota menjadi 76 kabupaten/kota dan wilayah yang masuk ke level 2 dari 10 kabupaten/kota menjadi 27 kabupaten/kota.

Selain itu, untuk wilayah di luar Jawa-Bali juga terjadi perbaikan, di mana wilayah yang masuk level 4 dari tujuh provinsi menjadi empat provinsi dan dari 104 kabupaten/kota menjadi 85 kabupaten/kota. “Level 3 dari 234 kabupaten/kota menjadi 232 kabupaten/kota, dan level 2 dari 48 kabupaten/kota menjadi 68 kabupaten/kota, kemudian level 1 dari tidak ada kabupaten/kota menjadi 1 kabupaten/kota,” kata Presiden Jokowi.

Meski demikian, menurut Presiden Jokowi, masyarakat harus tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam kegiatan sehari-hari. Presiden mengingatkan bahwa sejumlah negara yang penduduknya sudah divaksinasi lebih dari 60 persen saat ini juga masih mengalami gelombang lonjakan kasus Covid-19 akibat masyarakatnya tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita harus bersama-sama menjaga agar kasus Covid-19 tidak naik lagi. Kuncinya sederhana, ayo segera ikut vaksin, ayo disiplin terapkan protokol kesehatan,” tegas Presiden Jokowi. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here