Home News PPKM Diperpanjang Hingga 16 Agustus, Mall di Sejumlah Kota Boleh Dibuka

PPKM Diperpanjang Hingga 16 Agustus, Mall di Sejumlah Kota Boleh Dibuka

164
0
Presiden Joko Widodo saat meninjau sebuah mall untuk persiapan tatanan normal baru di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

BERNASNEWS.COM – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Sementara di luar Pulau Jawa dan Bali diperpanjang hingga 2 minggu ke depan.

Meski diperpanjang, namun pelaksanaan PPKM kali ini lebih longgar, terutama di Pulau Jawa. Salah satu bentuk kelonggaran itu adalah dengan dibukanya mall di sejumlah kota dengan sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi.

Menurut Menteri Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator Satgas PPKM Pulau Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (9/8/2021), dalam PPKM yang berlaku di Pulau Jawa-Bali hingga 18 Agustus 2021, ada sejumlah ketentuan yang diatur.

Pertama, memakai masker menjadi kewajiban untuk beberapa tahun ke depan. Dan sampai saat ini sudah 80 persen yang sudah menggunakan masker. Kedua, PPKM diperpanjang sampai 16 Agustus 2021 dengan beberapa daerah turun ke level3.

Ketiga, mall-mall di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang boleh dibuka dengan kapasitas 25 persen. Hanya mereka yang sudah divaksin yang boleh masuk mall dengan usia 12 tahun hingga 70 tahun. Anak usia kurang dari 12 tahun maupun lansia di atas 70 tahun tidak boleh ke mall selama PPKM berlaku.

Keempat, pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan di seluruh kota di Indonesia. Dan kelima, untuk daerah level 4, ibadah maksimal 20 orangatau 25 persen dari total kapasitas tempat ibadah. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here