Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeOlahragaPP Perbasi dan Pengda Perbasi DIY Apresiasi Prestasi SMA Bosa di Bidang...

PP Perbasi dan Pengda Perbasi DIY Apresiasi Prestasi SMA Bosa di Bidang Olahraga Bola Basket

bernasnews.com – Wakil Ketua Pengda (Pengurus Daerah) Perbasi DIY Raden Darma Tyas Utomo SH MH mengaku bangga sekaligus mengapresiasi prestasi SMA Bopkri I (Bosa) Yogyakarta di bidang olahraga bola basket. Sebab, meski bukan sekolah khusus olahraga namun SMA Bosa mampu berprestasi di bidang olahraga maupun bidang-bidang lain.

Bahkan di cabang olahraga basket, SMA Bosa mampu meraih 7 kali juara DBL (Developmental Basketball League) yakni sebuah kompetisi liga bola basket pelajar SMP dan SMA terbesar di Indonesia. Prestasi itu dicapai karena adanya perhatian sekolah dalam pembinaan maupun penyediaan fasilitas olahraga.

Para narasumber seminar nasional foto bersama di Exhibition Hall Lantai GF Sleman City Hall (SCH) Jalan Magelang Denggung Sleman pada Minggu, 20 Maret 2022. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Sebagai Pengurus Daerah Perbasi DIY, saya merasa bangga dan apresiasi atas prestasi SMA Bosa yang sampai 7 kali menjurai DBL tingkat DIY. Ini merupakan kontribusi konkrit SMA Bosa bagi pembinaan generasi muda melalui bidang olahraga,” kata Raden Darma Tyas Utomo dalam seminar nasional yang diadakan di Exhibition Hall Lantai GF Sleman City Hall (SCH) Jalan Magelang Denggung Sleman pada Minggu, 20 Maret 2022.

Selain Raden Darma Tyas Utomo, tampil sebagai narasumber dalam seminar yang dibuka Kepala SMA Bosa Sartana S.Pak MPd itu adalah Ketua Umum PP Perbasi Kho Poo Thai, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi dan Wakil Ketua Umum PP Perbasi George F Dendeng.

Raden Darma pun memuji inisiatif SMA Bosa yang menggelar seminar tentang olahraga. Sebab, baru kali ini ada sekolah yang mengadakan seminar dengan tema olahraga, khususnya bola basket. “Ini merupakan inisiatif yang bagus dan patut diapresiasi,” kata Raden Darma Tyas.

Sementara Ketua Umum PP Perbasi Kho Poo Thai mengatakan, prestasi di bidang olahraga harus mampu mendorong prestasi di bidang lain. Karena prestasi di bidang olahraga, dalam hal ini olahraaga basket, diraih karena melalui proses pembinaan dan latihan dengan disiplin yang tinggi dan ketat serta didorong semangat dan tekad yang kuat untuk meraih juara.

Para narasumber seminar nasional memberi semangat kepada para peserta seminar di Exhibition Hall Lantai GF Sleman City Hall (SCH) Jalan Magelang Denggung Sleman pada Minggu, 20 Maret 2022. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

“Kedisplinan, sprotifitas maupun semangat dan tekad yang kuat untuk meraih juara dalam bidang olahraga merupakan modal yang berharga untuk meraih prestasi di bidang lain. Modal itu yang saya tanamkan kepada anak-anak selama 40 tahun saya bergelut di bidang olahraga bola basket dan banyak yang berhasil meraih prestasi di bidang lain,” kata Kho Poo Thai.

Kepala SMA Bosa Sartana mengatakan, sekolah yang dipimpinnya telah memberikan kontribusi dalam membangun prestasi generasi muda dalam berbagai bidang, termasuk bidang olahraga bola basket dengan 7 kali menjuarai DBL di tingkat DIY. Prestasi tersebut akan terus dipertahankan dan ditingkatkan melalui pembinaan atau latihan yang terencana atau terprogram yang didukung dengan fasilitas yang memadai.

Sementara Wakil Ketua Umum PP Perbasi George F Dendeng mengatakan banyak peluang kerja yang bisa diperoleh di cabang olahraga basket seperti menjadi pelatih, wasit, pengawas, ketua tim dan sebagainya, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Karena itu, tidak perlu berkecil hati bila menekuni olahraga bola basket karena banyak peluang kerja yang bisa didapat.

Ketua Umum PP Perbasi Kho Poo Thai berada di tengah peserta seminar nasional di Exhibition Hall Lantai GF Sleman City Hall (SCH) Jalan Magelang Denggung Sleman pada Minggu, 20 Maret 2022. Foto: Philipus Jehamun/Bernasnews.com

Hal senada disampaikan Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi. Dikatakan, banyak event kompetisi bola basket yang digelar baik lokal, nasional maupun internasional merupakan peluang kerja yang bisa ditangkap oleh mereka yang menekuni cabang olahraga basket. Bahkan mereka bisa menciptakan peluang dengan menggelar event bola basket.

Seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan yang diadakan SMA BOPKRI I (Bosa) Yogyakarta bersama dengan Mataram 3×3 Basketball dan Sleman City Hall (SCH) serta sejumlah klub bola basket di DIY dalam Edu Fair2022 di Atrium Rama Sleman City Hall (SCH) Jalan Magelang Denggung Sleman sejak 14 Maret hingga 20 Maret 2022. Selain seminar nasional, dalam event Edu Fair 2022 tersebut, SMA Bosa juga menampilkan aneka prestasi siswa dalam berbagai bidang, baik bidang akademik, seni budaya maupun olahraga. (lip)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments