Home News Pos Yandu Jati Husada Kembali Lakukan Penimbangan Balita dengan Protokoler Kesehatan

Pos Yandu Jati Husada Kembali Lakukan Penimbangan Balita dengan Protokoler Kesehatan

529
0
Pos Yandu Jati Husada Perumahan Jatimas, Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman mulai Giat Yandu dengan mengadakan penimbangan balita, Sabtu (8/8/2020). Foto: Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com.

BERNASNEWS.COM — Pos Yandu Jati Husada Perumahan Jatimas, Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman mulai Giat Yandu dengan mengadakan penimbangan balita, Sabtu (8/8/2020), setelah sekian bulan libur tidak mengadakan penimbangan balita karena adanya pandemi Covid-19. Pelaksanaan penimbangan tetap mengacu pada protokoler kesehatan baik para kader, petugas maupun para balita dan pengantarnya.

Para kader Pos Yandu Jati Husada Perumahan Jatimas, Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman usai diberikan pengarahan oleh ketua foto bersama sebelum melaksanakan tugas. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

“Kami menerapkan protokoler kesehatan dengan ketat bagi pengantar balita dan bagi para kader yang bertugas. Harus jaga jarak, bermasker dan sebelum masuk harus cuci tangan pake sabun di air mengalir. Dan yang tidak berkepentingan tidak boleh masuk di arena penimbangan,” ungkap Lilik Sri Wahyuningsih selaku Ketua Kader Yandu Jati Husada, Senin (10/8/2020).

Kader yang bertugas dan balita wajib memakai masker dalam mengikuti giat yandu. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Untuk penimbangan balita di Pos Yandu Jati Husada sifatnya tidak memaksa, Lilik menambahkan, kalau ada ibu yang belum mau menimbang bayinya di pos yandu dipersilahkan dengan syarat balitanya tetap ditimbang secara mandiri dan hasilnya dilaporkan kepada kader di wilayahnya.

“Sebelum dibuka dilakukan penyemprotan beberapa kali di lokasi pos yandu, penimbangan dan sekitarnya. Para kader yang bertugas diberikan pengarahan lebih dahulu oleh Ketua. Untuk menjaga agar tidak banyak berkumpul di pos yandu, maka  untuk  penimbangan dijadwal per wilayah agar bisa bergantian dan tidak menumpuk,” kata Lilik.

Petugas bagian pengadaan gizi untuk balita peserta telah menyiapkan dalam bentuk kemasan guna mengurangi kerumunan peserta. (Nuning Harginingsih/ Bernasnews.com)

Bulan Agustus merupakan bulan vitamin A, olah karena itu dalam pelaksanaan pemberian vitamin A diserahkan kepada orang tua masing-masing untuk meminumkan sendiri di rumah, yang biasanya petugas yang meminumkan. “Tanggapan dari para kader dan ibu-ibu peserta dalam giat yandu ini cukup baik, terbukti 75 persen dari balita hadir dalam penimbangan ini,” pungkas Lilik. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here