Home News Pondok Seni Dika dari Klaten Sabet Juara Pertama Lomba Tari Anak ‘Jaranan’...

Pondok Seni Dika dari Klaten Sabet Juara Pertama Lomba Tari Anak ‘Jaranan’ Secara Virtual

1014
0
Pondok Seni Dika dari Klaten, Jawa Tengah sebagai Juara Pertama Lomba Tari 'Jaranan' Virtual yang digelar Youtuber Yossi Riyani, dengan jumlah like 13.106. (Foto: Tangkapan Layar Youtube)

BERNASNEWS.COM — Kali pertamanya lomba tari anak-anak diselenggarakan secara virtual yang diprakasai oleh seorang youtuber. Lomba tari virtual ini merupakan tari kreasi sendiri oleh peserta, dengan ketentuan iringan musiknya lagu ‘Jaranan’ versi versi Yossie Riyani, jumlah penari maksimal 5 orang.

Seperti telah diketahui, Yossie Riyani adalah seorang youtuber berasal dari Yogyakarta, pelantun lagu-lagu Jawa yang dalam akun youtube-nya sering tampil berkolaborasi dengan Komunitas Wanita Pelestari Budaya Nusantara, Kelompok Kesenian Tradisional Jawa dan tempat-tempat obyek wisata yang ada di DIY.

Real Dance dari Bantul sebagai Juara 2, dengan jumlah like 9.761. (Foto: Tangkapan Layar Youtube)

“Latar belakang penyelenggaraan lomba tari virtual ini, dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Anak Nasional, yang jatuh pada tanggal 23 Juli,” ungkap Yossie Riyani kepada Bernasnews.com, Sabtu (31/7/2021).

Dikatakan, tujuan penyelenggaraan lomba tari virtual itu agar anak tetap bersemangat untuk belajar melestarikan seni budaya daerah, dengan menarikan lagu ‘Jaranan’ yang di-cover oleh  Yossie Riyani. “Lomba dengan cara peserta mengirimkan video ke panitia lomba, kemudia video diunggah di chanel youtube Yossie Riyani. Dan penilaian pemenang berdasar like (suka) perolehan terbanyak,” ujarnya.

Wanita Jawa pemilik nama asli Yosi Ikariyani ini menambahkan, penyelenggaraan lomba tari virtual dinaungi oleh Saiki Management. Pelaksanaan sejak Juni 2021, ditutup atau terakhir menyerahkan video pada tanggal 16 Juli, dan penilaian terakhir pada tanggal 30 Juli 2021, Pukul 19:00 WIB yang sekaligus diumumkan pemenangnya.

Seni Laras Ayu dari Trenggalek, Jawa Timur sebagai Juara 3, dengan jumlah lile 1.327. (Foto: Tangkapan Layar Youtube)

“Hadian bagi pemenang lomba akan diserahkan pada tanggal 7 Agustus 2021, di Balesawah Kafe & Resto. Juga disiarkan secara langsung melalui chanel youtube Yosie Riyani. Selain itu, Tim Yossie Riyani akan menampilkan musik keroncong, serta para pemenang juga akan unjuk kebolehannya,” imbuh Yossie.

Berikut para juara lomba tari virtual, Juara 1 dari Pondok Seni Dika dari Klaten (Jumlah Like: 13.106), Juara 2 dari Bantul Grup Real Dance (Jumlah Like: 9.761), Juara 3 Seni Laras Ayu dari Trenggalek Jawa Timur (Jumlah Like: 1.327).

Sementara, Juara Harapan 1 Trio Idamanmu dari Bantul (Jumlah Like:  780), Juara Harapan 2 Duo Cemani dari Sleman (Jumlah Like: 501) dan Juara Harapan 3 Grup Sekar dari Purbalingga (Jumlah Like: 281). Hadiah bagi para juara berupa uang pembinaan, trofi, serta piagam. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here