Home News Polri Bersinergi dengan Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA Gelar Pelatihan UMKM Online

Polri Bersinergi dengan Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA Gelar Pelatihan UMKM Online

80
0
Polri dan sebagian Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 1996/BHARATASENA foto bersama di sela-sela pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Online dengan tema Transformasi Digital UMKM Presisi Terhadap Para Pelaku UMKM. Kegiatan ini bersamaan dengan launching aplikasi UMKM Presisi secara virtual dan pembagian Bantuan Sosial (Bansos), Kamis (23/9/2021). Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bersinergi dengan Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 1996/BHARATASENA mengadakan pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Online dengan tema Transformasi Digital UMKM Presisi Terhadap Para Pelaku UMKM. Kegiatan ini bersmaan dengan launching aplikasi UMKM Presisi secara virtual dan pembagian Bantuan Sosial (Bansos).

Kegiatan yang diadakan dalam rangka peringatan 25 Tahun Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA Mengabdi dengan tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh ini digelar di Mako Brimob Baciro Jalan Mojo, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogykarta, Kamis (23/9/2021).

Sedangkan untuk kegiatan launching Aplikasi UMKM Presisi, pelepasan dan penyerahan secara Simbolis Bantuan Sosial (Bansos) digelar di Lobi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) DIY. Kegiatan ini dihadiri 51 peserta UMKM DIY dari berbagai bidang usaha yang terdiri dari kerajinan, kuliner, jasa dan fashion dan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Pemateri dari Shopee menyampaikan pentingnya pemasaran secara online dan perlu adanya program khusus untuk mendukung UMKM. Pelatihan dilanjutkan dengan launching UMKM Presisi via zoom.

Menurut Ketua Panitia Kombes Pol Budhi Herdi Susianto SH SI MSi dalam rilis yang diterima Bernasnews.com, Jumat (24/9/2021) kegiatan untuk memperingati 25 tahun Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA mengabdi untuk bangsa dan negara ini juga bersman dengan kegiatan vaksinasi dan bansos di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Kegiatan vaksinasi diikuti 91.000 peserta di beberapa daerah dan bansos sebanyak 32.926 orang di seluruh Indonesi.

“Kami AKABRI Angkatan 1996/BHARATASENA mengajak dan menggandeng UMKM untuk melakukan pemasaran secara digital, agar tetap bisa bertahan dan bisa go internasional,” ujarnya.

Dikatakan, Alumni AKABRI Angkatan 1996/BHARATASENA ingin ikut serta dalam meningkatkan UMKM dengan cara transformasi digital UMKM Presisi. “Apa yang kami lakukan masih ada kekurangan, untuk itu kami membangun aplikasi UMKM presisi dan melakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung,” ungkapnya.

Sementara Ketua DPR RI Dr Puan Maharani S.Sos menyambut baik kegitan tersebut. “Alhamdulillah acara ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam memasarkan produknya secara online,” kata Puan Maharani yang mengaku mendapat undangan secara mendadak dari Kapolri.

Dikatakan, untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di seluruh Indonesia maka perlu dilakukan secara bersama-sama dan gotong royong, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Ia mengaku dua kali menghadiri vaksinasi di Provinsi Banten dan berdasarkan laporan Provinsi Banten kurang maksimal dalam melaksanakan vaksinasi karena kekurangan vaksinator.

Puan sangat berterimakasih atas terlaksananya vaksinasi bagi 91.000 peserta di beberapa daerah di Indonesia. “Vaksinasi di Banten sangat penting karena merupakan daerah penyangga Ibukota Jakarta. Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan TNI dan Polri dalam rangka mempercepat proses vaksinasi. Karena percepatan proses vaksinasi yang melibatkan semua instansi termasuk TNI Polri maupun pemerintah daerah sekaligus untuk serta menyiapkan anak-anak sebelum mengikuti pembelajaran tatap muka,” katanya.

Dikatakan, dalam waktu dekat akan ada libur Natal dan Tahun Baru sehingga perlu diantisipasi. Jangan sampai kasus kembali melonjak drastis. Puan sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan oleh beberapa angkatan. I jug mendukung launching UMKM digital karena merupakan program yang sangat baik dalam mendukung transformasi era digital bagi UMKM memasarkan atau menjual produknya.

Menurut Puan, transformasi UMKM digital presisi sangat baik dalam mendukung UMKM memasarkan atau menjual produknya secara online. Selain itu, singergi antara swasta dengan instansi pemerintah sangat penting karena tidak mungkin pemerintah bisa melakukan segala hal sendiri.

“Saya mengucapkan selamat dan mengapresiasi NI Polri dan Alumni AKABRI 1996 dan terus semangat untuk bergotong-royong dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada alumni Akabri angkatan 1996 atas terselenggaranya acara ini yang sangat bermanfaat,” kata Puan.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua DPR RI bersama Panglima TNI dan Kapolri menyapa 4 wilayah dari total 8 wilayah yang menjadi Pilot Project Aplikasi digital UMKM Presisi. Keempat wilayah tersebut adalah Jawa Tengah yang diterima oleh Kapolresta Surakarta, kemudian Jawa Timur, Jawa Barat dan Kabupaten Bandung.

Penyerahan Bansos dilakukan secara simbolis oleh Brigjend Pol R. Slamet Santosa SH SIK, Wakapolda DIY, kepada 4 perwakilan masyarakat dilanjutkan foto bersama. Pelepasan Bansos dipimpin oleh Wakapolda DIY didampingi PJU dan Alumni Akabri 1996 berupak 820 paket sembako dan 1,25 ton beras yang selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat ke beberapa wilayah.

Distribusi bansos dilakukan Intelkam sebanyak 200 paket untuk warga Piyungan, Brimob sebanya 270 paket untuk warga Nanggulan, Krimum sebanyk 100 paket untuk warga Argobinangun Cangkringan, SPN sebnyak 150 paket untuk warga Selopamioro dan AU mendistribusikn 100 paket untuk warga Berbah.

Kegiatan berjalan aman dan tertib. Seluruh pelaksanaan kegiatan online tersebut telah mengikuti protokol kesehatan (prokes) seperti ditentukan oleh pemerintah dengan menyediakan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer dan menjaga jarak antar peserta pembelajaran online.

Menurut Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, peltihan pemasrn online bagi UMKM merupakan upaya sinergitas Polri dan Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA untuk membantu perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Pelatihan online ini merupakan salah satu rangkaian giat vaksinasi massal dan bansos yang dilakukan Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA dalam rangka peringatan 25 Tahun mengabdi. Prosesi acara memperingati 25 Tahun Mengabdi Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA terpusat di SMK N 2 Tangerang yang dihadiri Ketua DPR RI, Panglima TNI dan Kapolri secara virtual.

Kegiatan ihadiri Brigjend Pol R Slamet Santosa SH SIK (Wakapolda DIY), Kombes Pol Burkan Rudy Satria SIK (Dir Reskrimum Polda DIY), Kombes Pol Syahbuddin SIK (Dir Intelkam Polda DIY), Kombes Pol Imam Suhadi SIK (Dansat Brimob Polda DIY), Kombes Pol Sonny Mahar Budi Adityawan SH SIK MH (Ka SPN Polda DIY), Kombes Pol Anjar Gunadi MM (Dir Binmas Polda DIY), Kolonel (Kal) Pamundi Rahmat M SE (Kepala Departemen Teknik Manajemen Industri (Kadep TMI), Kolonel Pnb Wastum (Komandan Wing Taruna (Danwingtar) Akademi Angkatan Udara (AAU), Kolonel Tek. Taufik Y.A. (Kadislog Lanud Adisucipto), Kolonel Arm Tejo Widhuro, S.Sos., M.Si., AKBP Azhari Juwanda, S.I.K (Wadir Polair Polda DIY), AKBP Sulistyono (Wadir Binmas Polda DIY), AKBP Mujiyono (Wadir Pamobvit Polda DIY), AKBP Wilson Pasaribu, S.I.K., M.H. (Kasubdit Tipiter Polda DIY), AKBP Muhammad Iqbal, S.I.K., M.Si. (Wadir Lantas Polda DIY), AKBP Supono (Kabag Sidik Sus Reskrimsus Polda DIY), Kompol S Heri Purnomo (Wadir Tahti Polda DIY), Perwakilan warga masyarakat penerima Bansos, Budi Margono (Dukuh, Wijimulyo, Nanggulan, Kulonprogo), Junijo (Selo Pamioro, Bantul), Kismadi (Ngablak, Piyungan, Bantul), dan Jumarno (Cangkringan, Sleman). (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here