Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPolisi Ringkus Pelaku Pencurian Gabah di Kulon Progo

Polisi Ringkus Pelaku Pencurian Gabah di Kulon Progo

bernasnews.com – Polres Kulon Progo bersama dengan Polsek Galur meringkus pelaku yang curi gabah. Sebagaimana dilaporkan, pencurian gabah terjadi selama 5 kali berturut-turut di sejumlah wilayah dan waktu yang berbeda.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan bahwa pencurian terjadi pada tanggal 10 dan 12 Mei. Kemudian pada tanggal 18 Mei terjadi dua kali pencurian. Kemudian kejadian yang terakhir terjadi pada 22 Mei 2022 di tempat yang berbeda.

“Pada hari Minggu tanggal 22 Mei 2022 sekira pukul 14.45 WIB Polsek Galur menerima informasi bahwa di jalan Trisik Banaran Galur terjadi pencurian gabah dan peristiwa tersebut terekam CCTV kemudian Unit Reskrim Polsek Galur membuat laporan informasi sebagai dasar menerbitkan Sprin Gas dan Sprin Lidik,” kata Jeffry salam keterangan.

Polisi lantas mulai melakukan patroli tertutup pada Selasa (24/5/2022) guna penyelidikan dan mendapati pria diduga pelaku. Polisi lantas menghentikan pelaku di Jalan Trisik Banaran Galur. Mereka pun sempat memeriksa jok sepeda motor dengan nopol AB 5721 VQ. Di dalamnya terdapat jemper berwarna merah bertuliskan bagian depan tulisan BESTIE.

“Pada saat ditanya orang tersebut lari ke arah sawah dan dikejar oleh anggota Reskrim dan dapat diamankan selanjutnya dibawa ke Polsek Galur untuk dilakukan interogasi dan pemeriksaan,” ungkap Jeffry.

Tak lama pada Selasa (24/5/2022) pria berinisial S (44) warga Depokrejo Ngombol Purworejo Jawa Tengah diserahkan ke polisi setelah diduga mencuri gabah di Kulon Progo. Pria yang berprofesi sebagai buruh tani tersebut diamankan bersama dengan barang bukti berupa gabah.

Adapun pelaku melakukan aksinya dengan cara mengambil gabah yang dijemur. Selanjutnya gabah curian tersebut dijual kepada orang yang tidak dikenal di Pasar Purwodadi Purworejo, Jawa Tengah, dengan hasil total penjualan senilai Rp 1.250.000.

“Pelaku dengan menggunakan sepada motor Honda Supra Fit Nopol AB 5721 VQ mengambil dan mengangkut karung gabah milik para korban yang ditinggal dan akan dijemur oleh pemiliknya (korban),” ucap Jeffry.

Akibat pencurian itu, pelaku terancam dijerat pasal 362 KUHP Jo pasal 64 KUHP ancaman hukuman maksimal 5 tahun. Kepada masyarakat, Jeffry mengimbau agar waspada saat menjemur gabah.

“Kepada masyarakat agar lebih waspada dalam menjemur hasil panen yaitu gabah, ada baiknya bila menjemur hasil panen ditempat tertentu yang mudah terpantau dan tidak mengundang kerawanan,” katanya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments