Monday, June 27, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPolda DIY Kaji Perilaku Kejahatan Jalanan di Yogyakarta

Polda DIY Kaji Perilaku Kejahatan Jalanan di Yogyakarta

bernasnews.com – Perilaku kejahatan di Yogyakarta kembali marak terjadi. Sejumlah pihak diantaranya Polda DIY, dinas terkait maupun akademisi lantas mengkaji dan mendiskusikan penyimpangan kejahatan jalanan yang kerap terjadi.

Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Ruminio Ardano menyampaikan bahwa penting untum mengkaji kejadian kejahatan jalanan sebagai perilaku yang menyimpang dan berpotensi menimbulkan kejahatan yang lebih besar. Karenanya Focus Group Discussion (FGD) terkait kejahatan jalanan perlu diadakan untuk mendapatkan berbagai masukan terkait kasus tersebut.

Menurut dia, ada sejumoah cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah melarang kerumunan melewati jam malam.

“Menerapkan jam wajib belajar, melarang kerumunan yang melewati jam malam. Merencanakan kegiatan bimbingan, penyuluhan dan konsultasi kepada para remaja anak usia 12-18 tahun baik dilingkungan tempat tinggal maupun sekolah,” ungkapnya pada Selasa (31/5/2022).

Dalam hal ini, Dirsamapta Polda DIY Kombes Pol Wisnu Prabowo menyampaikan bahwa samapta mempunyai peran pencegahan melalui peningkatan patroli.

“Mendatangi dan hadir di setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Memperhatikan situasi dan kondisi yang diperkirakan akan menimbulkan gangguan keamanan yang memerlukan kehadiran Polri,” kata Wisnu.

Dirkrimum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menyampaikan bahwa makna klitih yang mengalami pergeseran dimana kata tersebut digunakan untuk merujuk pada kejahatan jalana . Menurut dia ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mencegah aksi kejahatan jalanan yang ada di Jogja.

“Peningkatan kampanye pengembalian makna klitih secara masif dan revolusioner. Membangun sistem pencegahan kejahatan bersama. Mendorong stakeholder untuk membuat aturan tambahan berupa pembinaan/rehabilitasi,” sebut Ade.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments