Home News Polda DIY Bakal Tindak Tegas bagi Penimbun Tabung Oksigen dan Barang Medis

Polda DIY Bakal Tindak Tegas bagi Penimbun Tabung Oksigen dan Barang Medis

227
0
Foto Tabung Oksigen, sekadar sebagai ilustrasi. (Foto: Istimewa)

BERNASNEWS.COM — Polda DIY bakal menindak tegas bagi penjual atau sejumpah pihak yang melakukan penimbunan persediaan barang maupun kebutuhan penting yang berhubungan dengan kesehatan maupun medis. Demikian disampaikan oleh Kabid Humas Polda DIY Kombes Yulianto.

Sejumlah kebutuhan terkait medis, seperti oksigen maupun obat-obatan menjadi barang yang dibutuhkan terlebih setelah terjadi lonjakan kasus Covid-19 di DIY. Untuk mengantisipasi adanya oknum penimbun, segenap jajaran Polda DIY melakukan pemantauan di tempat-tempat penyedia kebutuhan medis atau kesehatan.

“Satgas Penegakan Hukum kita, senantiasa melakukan pemantauan di lokasi dimana ada penyedia oksigen, obat, farmasi maupun keperluan medis. Apabila kita menemukan adanya penimbunan oksigen ataupun obat-obatan, yang semestinya bisa disalurkan ke masyarakat tetapi ditimbun untuk kepentingan si penimbun, maka kita akan melakukan tindakan tegas,” terang Kombes Yulianto, Selasa (13/7/2021).

Pihaknya mengingatkan agar tidak main-main dengan kegiatan penimbunan barang penting yang berhubungan dengan medis dan kesehatan. Bagi pelaku penimbun bisa terancam pasal, seperti salah satunya Undang-Undang Perlindungan bagi Konsumen. “Banyak undang-undang yang bisa dikenakan terhadap penimbun, salah satunya seperti undang-undang perlindungan konsumen. Itu bisa kita kenakan pada orang yang mengambil keuntungan di masa pandemi,” tegasnya. (Feva)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here