Home Pendidikan PJS Library SMKN 2 Yogyakarta, Kandidat Perpustakaan Terbaik se DIY

PJS Library SMKN 2 Yogyakarta, Kandidat Perpustakaan Terbaik se DIY

816
0
Kegiatan lomba kepustakaan telah menjadi agenda rutin “Prinses Juliana School” (PJS Library) SMKN 2 Yogyakarta. Foto: Istimewa

BERNASNEWS.COM — Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY menyelenggarakan Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mekanisme seperti tahun sebelumnya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pelaksanaan mekanismenya meliputi penilaian administrasi, penilaian presentasi dan penilaian visitasi.

Salah satu sudut dari “Prinses Juliana School” (PJS Library) SMKN 2 Yogyakarta sebagai tempat membaca ebook. (Foto: Istimewa)

“Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY tahun 2020, diikuti oleh 10 perpustakaan sekolah di wilayah DIY. Salah satu pesertanya adalah Perpustakaan “Prinses Juliana School” (PJS Library) SMKN 2 Yogyakarta,” terang Humas SMKN 2 Yogyakarta, Drs. Sumadi, MPd, Senin (8/6/2020).

Tahapan awal penilaian dilaksanakan dengan melakukan penilaian administrasi dan presentasi pada tanggal 3 Juni 2020, di gedung Grhatama Pustaka Yogyakarta. Penilaian administrasi dilakukan oleh tim Juri dengan memeriksa instrumen lomba berikut bukti fisiknya. “Presentasi profil dan kegiatan perpustakaan dilakukan oleh Kepala perpustakaan sekolah dihadapan Tim Juri untuk memberi gambaran singkat tentang kondisi perpustakaan,” terang Sumadi.

Rak-rak buku “Prinses Juliana School” (PJS Library) SMKN 2 Yogyakarta berwarna-warni sebagai daya tarik pengunjung. (Foto: Istimewa)

Hasil dari penilaian administrasi dan presentasi, yaitu terpilih ada 5 perpustakaan yang akan mengikuti tahapan selanjutnya untuk Penilaian Visitasi. Perpustakaan “Prinses Juliana School” SMKN 2 Yogyakarta masuk dalam 5 besar perpustakaan yang akan di visitasi.

Menurut Sumadi, bahwa penilaian Visitasi perpustakaan “Prinses Juliana School” SMKN 2 dilaksanakan, Selasa (9/6/2020). Penilaian Visitasi dilakukan oleh Tim Juri untuk mendapatkan gambaran seutuhnya tentang kondisi perpustakaan sekolah. “Penilaian Visitasi juga dilakukan untuk melakukan klarifikasi, verivikasi dan validasi data serta informasi yang sudah disampaikan melalui pengisian instrumen dan presentasi,” ungkapnya.

Ruang baca yang nyaman di “Prinses Juliana School” (PJS Library) SMKN 2 Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Sementara itu hasil dari penilaian visitasi tersebut, akan dipilih sebagai Juara Pertama sampai dengan Juara Harapan 3, Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat DIY Tahun 2020. Peraih Juara Pertama akan mewakili DIY dalam ajang lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTA Tingkat Nasional.

Saat ini Perpustakaan “Prinses Juliana School” SMKN 2 Yogyakarta menempati area satu gedung dengan tiga lantai, memiliki hampir 9.000 judul koleksi buku dan 4.021 ebook. “Dengan upaya persiapan yang maksimal, seluruh warga SMKN 2 Yogyakarta berharap meraih hasil yang terbaik dan bisa mewakili DIY dalam kancah nasional,” tegas Sumadi. (nun/ ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here