Pilkades Serentak di Kabupaten Sleman Ditunda

    398
    0
    Logo Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Sleman, DIY. (Istimewa)

    BERNANEWS.COM – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak secara elektronik atau e-voting di Kabupaten Sleman yang semula ditetapkan akan dilaksanakan pada 29 Maret 2020 ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Penundaan dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan penyebaran virus Corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-2019) yang terjadi di wilayah Kabupaten Sleman.

    Selain itu, keputusan penundaan dilakukan berdasarkan pernyataan resmi Presiden RI Joko Widodo yang menyatakan bahwa penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional (bencana non alam) dan memperhatikan surat keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus Corona di Indonesia.

    Hal itu disampaikan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo dalam surat keputusan Nomor 22/Kep.KDH/A/2020 tertanggal 24 Maret 2020 tentang Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Secara Elektronik di Kabupaten Sleman.

    Meski demikian, semua tahapan yang telah dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Serentak tahun 2020 dinyatakan tetap berlaku dan sah sebagai dasar untuk pelaksanaan tahapan lanjutan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2020.

    Salah satu calon Kepala Desa Caturtunggal yang ikut dalam kontestasi Pilkades serentak 2020 Agus Santoso S.PSi membenarkan penundaan Pilkades Serentak 2020. “Semua ditunda seluruh Indonesia,” kata Agus Santoso seraya menyebutkan bahwa Pilkades Serentak di Kabupaten Sleman 2020 dilakukan di 49 desa. (lip)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here