Thursday, June 30, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPetrus Eko Nugroho Terpilih Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman

Petrus Eko Nugroho Terpilih Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman

bernasnews.com – Petrus Eko Nugroho, Anggota Komisariat Cabang Sleman asal paroki Maria Asumpta Gamping, terpilih sebagai Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman periode 2022-2025. Ia ditetapkan sebagai Ketua Komisariat Cabang Sleman dalam puncak Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Sleman yang diselenggarakan di Joglo Paroki St Alfonsius Nandan, pada Minggu (22/5/2022).

Muskomcab Kabupaten Sleman kali ini mengambil tema Bangkit dan Berproses Bersama Menjadi Pemuda Katolik yang BBM (Berkarakter, Berintegritas, dan Militan. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Komisariat Cabang Sleman, dewan penasihat awam dan undangan dari Komcab Bantul, Komcab Kota Yogyakarta, dan perwakilan OMK dari paroki Pakem, Nandan, Medari dan Mlati.

Petrus Eko Nugroho menggantikan Stephanus Tri Hartanto, Ketua Komisariat Cabang Sleman periode 2019-2022. Terpilihnya Eko (panggilan akrabnya), merupakan proses regenerasi kepemimpinan yang dilakukan melalui mekanisme organisasi. Dia merupakan figur yang memiliki modal jaringan kuat dan dikenal oleh masyarakat Sleman.

Dalam pemilihan pada Minggu (22/5/2022) malam, ada tiga kandidat yang maju sebagai calon Ketua Komisariat Cabang Sleman, yakni Yohannes Iskandar Adi N , Petrus Eko Nugroho dan Omegaret br Nababan. Setelah tidak tercapai musyawarah mufakat, pemilihan ketua dilakukan dengan voting sesuai tata tertib yang telah ditetapkan. Dari dua belas pemilik hak suara, 6 orang memberikan dukungan pada Petrus Eko Nugroho, 5 orang memilih Yohannes Iskandar Adi dan 1 orang memilih Omegaret br Nababan.

Sebagai ketua terpilih, Eko bersama tim formatur dimandatkan agar segera membentuk kepengurusan Komisariat Cabang Sleman periode 2022-2025 untuk menjalankan program dan rekomendasi yang telah diputuskan dalam muskomcab serta menjalankan roda organisasi.

Dalam pemaparan visinya, Eko ingin Pemuda Katolik Komcab Sleman menjadi organisasi yang membangun Persaudaraan Sejati, terlibat dalam pelayanan kasih di tengah masyarakat, mewujudkan Bonum Commune, organisasi kader berkiprah untuk gereja dan masyarakat, organisasi mandiri dalam ekonomi dan berjejaring, serta mewujudkan peradaban kasih dalam masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman.

Empat fokus garapan untuk mewujudkan visi ini, yaitu semangat kekatolikan, semangat kerja sama dan sinergi, semangat kerasulan, semangat kebangsaan. Pemuda Katolik Komcab Sleman akan terus berusaha bersinergi dengan instansi pemerintah maupun OKP di Kabupaten Sleman serta OMK di paroki-paroki di Kabupaten Sleman dengan semangat perjuangan bagi gereja dan tanah air.

Dalam sambutannya, Ketua Komda DIY, Yohanes Gandung Widiyantoro menyampaikan pesan kepada segenap kader Pemuda Katolik Komcab Sleman untuk siap menjalankan kerja-kerja pengembangan kapasitas kader agar semakin mumpuni dan berkontribusi nyata bagi gereja dan tanah air.

Muskomcab ini juga menetapkan Arah dan Kebijakan Umum Pemuda Katolik Komcab Sleman periode 2022-2025 dan Ketetapan tentang Rekomendasi Muskomcab Pemuda Katolik Komcab Sleman.

Rekomendasi Muskomcab Pemuda Katolik Komcab Sleman tahun 2022 adalah menetapkan Paroki Maria Assumpta Gamping  sebagai lokasi penyelenggaraan Muskomcab selanjutnya; Komcab Kabupaten Klaten sebagai tuan rumah Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Pemuda Katolik Komcab Sleman. Komisariat Cabang Sleman berkomitmen untuk memberi perhatian pada sosialisasi bahaya narkoba dan HIV serta pada persoalan lingkungan di wilayah Kabupaten Sleman. (phj)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments