Petani Sleman Memasuki Musim Panen Raya, Panenan Melimpah

    208
    0
    Padi menguning siap panen di lahan persawahan Dusun Soman, Desa Selomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Minggu (29/3/2020). Foto : Philipus Jehamun/ Bernasnews.com

    BERNASNEWS.COM – Para petani di wilayah Kabupaten Sleman, DIY memasuki musim panen raya. Sebagian petani sudah memulai panen, sementara sebagian lagi hendak panen karena padi belum menguning.

    Menurut sejumlah petani panenan kali ini akan melimpah karena tanaman padi bertumbuh subur karena musim hujan yang agak panjang. Namun, sebagian lagi mengaku hasil panen sedikit berkurang karena padi terkena hama wereng.

    “Rata-rata panen padi kali ini melimpah, meski ada sebagian yang mengalami penurunan karena padi terserang hama wereng saat musim hujan,” kata Sunardi, warga Dusun Soman, Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman saat ditemui Bernasnews.com di sawahnya di tepi jalan sebelah utara Pasar Sidorejo, Minggu (29/3/2020).

    Padi menguning siap panen di lahan persawahan Dusun Jomblang, Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Minggu (29/3/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

    Hal yang sama diakui Bu Broto dan Bu Jupri, warga Dusun Jomblang yang berbatasan dengan Dusun Soman. Dikatakan, panenan kali ini melimpah karena didukung curah hujan yang cukup. Bukan hanya hasil panenan padi, aneka sayur mayur juga tumbuh subur dan panen melimpah.

    “Masyarakat tak perlu khawatir kekurangan pangan karena panenan kali ini cukup melimpah di tengah merebaknya virus Corona. Sebenarnya yang resah dengan adanya wabah virus Corona hanya orang-orang kota. Kalau ada orang desa seperti terkena virus Corona itu karena dibawa atau ditularkan oleh orang kota,” kata Bu Jupri dengan suara lantang.

    Bu Broto (pakai caping) dan Bu Jupri (kanan), warga Dusun Jomblang, Desa Selomartani beristirahat di antara tumpukan karung berisi gabah usai panen di lahan persawahan miliknya, Minggu (29/3/2020) pagi. Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

    Dari pengamatan Bernasnews.com mulai dari Dusun Dayakan, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan terus ke utaara sampai Dusun Soman, Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan lalu ke Dusun Jomblang, Desa Selomartani, aneka tanaman sayur mayur bertumbuh subur. Begitu pula padi bertumbuh subur.

    Sebagian tanaman baru mulai menghijau, sebagian lagi sudah menguning sementara sebagian lagi sudah mulai dipanen. Bahkan sebagian petani sudah kembali mengolah lahan sawah setelah panen untuk kemudian ditanami padi lagi.

    “Mumpung hujan masih turun, kami segera olah lagi lahan agar bisa segera ditanam lagim,” kata Sunarto, warga Dusun Soman yang sedang menabur benih padi di lahan sawah miliknya di Dusun Soman.

    Sunardi, warga Dusun Soman, mengangkut gabah ke tepi jalan usai panen , Minggu (29/3/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

    Lahan persawahan di Dusun Soman dan Dusun Jomblang sangat produktif karena didukung air irigasi yang melimpah. Air mengalir lancar dan melimpah. Di sela-sela lahan persawahan ada kolam-kolam ikan yang diisi ikan-ikan nila, ikan mas dan sebagainya.

    Tanaman cabai bertumbuh subur dan berbuah lebat di Dusun Jomblang, Desa Selomartani, Minggu (29/3/2020). Foto : Philipus Jehamun/Bernasnews.com

    Bu Suharmi dan Bu Umi, warga Dusun Soman mengaku panenan aneka tanaman melimpah. Selain karena lahan yang subur juga karena curah hujan dan air irigasi yang melimpah. Para petani pun dengan semangat menanam tanaman secara bergantian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. (lip)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here