Home News Pesona Alam Tol Khayangan, Wisata Baru Di Lereng Gunung Merbabu

Pesona Alam Tol Khayangan, Wisata Baru Di Lereng Gunung Merbabu

241
0
Suasana yang selalu diselimuti kabut di Pesona Alam Tol Khayangan Merbabu, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. (Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com)

BERNASNEWS.COM — Kekuatan media sosial (medsos) memang luar biasa seperti ibarat ilmu pemasaran bahwa pesan dari mulut ke mulut lebih ampuh daripada promosi berbentuk iklan konvesional. Itu tampak sekali terihat di obyek wisata Pesona Alam Tol Khayangan Merbabu, di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lanskap pertanian khas di lereng Gunung Merbabu dengan ruas jalan desa berkonstruksi beton yang menjadi ikonik Pesona Alam Tol Khayangan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, diambil, Minggu (3/10/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Wisata alam berupa lanskap perkebunan khas dataran tinggi lereng Gunung Merbabu dan berhiaskan jalan desa berkonstruksi beton dengan panjang berkisar 5 kilometer itu tengah viral di medsos, pasalnya berawal dari para komunitas gowes (pesepeda) yang mengunggah foto-foto giat di Pesona Alam Tol Khayangan Merbabu, yang kemudian diikuti oleh khalayak yang merasa penasaran dan berkunjung di destinasi itu.

Suasana Pesona Alam Tol Khayangan Merrbabu dipadati pengunjung, Minggu (3/10/2021). Foto: Tedy Kartyadi/ Bernasnews.com.

Seperti pengamatan Bernasnews.com, Minggu (3/10/2021) pagi, wisatawan yang berkunjung luar biasa banyaknya menjadikan ruas jalan desa dengan konstruksi beton yang ikonik dengan sebutan ‘tol’ disemuti oleh para wisatawan sehingga mengurangi esensi keindahan pemandangan lanskap tersebut. Sementara kata khayangan sendiri merunut tempatnya para dewa-dewi dalam dunia pewayangan.

Beberapa pengunjung menyatakan penasaran, sementara para goweser karena tertantang untuk mencoba gowes di jalan penuh tanjakan itu. “Kami satu kelompok berlima sengaja untuk datang ke sini (To Khayangan). Selain penasaran dengan keindahan foto-foto yang diunggah oleh teman-teman komunitas gowes. Juga sekalian tertantang untuk mencoba gowes,” ujar Antok, goweser dari Bantul.

Petani warga setempat sedang membawa rumput untuk pakan ternak sapi hewan piaraannya. (Tedy Kartyadi/ Bernasnewss.com)

Menuju Pesona Alam Tol Khayangan Merbabu cukup mudah, dari Muntilan jalan ke arah obyek wisata Ketep Pass, sampai di simpang tiga (bawah Ketep Pass) ambil jalan ke arah Selo, Boyolal lebih kurang 8 kilo meter sampai simpang tiga gapura desa Desa Wonoleo, masuk dan ikuti jalan desa bagian dari ruas jalan Tol Khayangan.

Disarankan untuk kendaraan motor dan mobil dalam kondisi prima, meski kondisi jalan bisa untuk mobil berpapasan namun salah satunya harus mengalah untuk berhenti guna memberi kesempatan mobil dari arah yang berlawanan, mengingat medan yang bertebing curam di kiri kanan. Bagi penggemar foto grafi atau pingin bikin foto yang artistik dan indah, seyogyanya berkunjung jagan bertepatan hari libur atau sepi pengunjung. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here