Saturday, May 21, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPerwakilan Warga Kemantren Wirobrajan Diajak untuk Tangkal Hoax

Perwakilan Warga Kemantren Wirobrajan Diajak untuk Tangkal Hoax

bernasnews.com – Penyebaran berita hoax menjadi salah satu permasalahan krusial di tengah perkembangan informasi dan teknologi. Bagi sebagian orang yang tidak memiliki pemahaman akan literasi, tentu akan menelan mentah-mentah tiap informasi dan mengedarkannya secara apa adanya. Salah-salah, bukannya mengedukasi, informasi tersebut jutru meresahkan. Karenanya, butuh kepekaan dan juga pengetahuan dasar akan informasi, literasi.

Mantri Pamong Praja Kemantren Wirobrajan Sarwanto mengatakan bahwa kondisi masyarakat di Jogja digempur berbagai permasalah. Akan tetapi masalah tersebut diperparah dengan beredarnya desas-desus yang tidak benar alias berita hoax. Sebagai contoh ialah kabar negatif yang berkembang di media sosial soal pariwisata Kota Jogja.

“Kita di Kota Jogja akhir-akhir ini digempur dari berbagai arah yang intinya seperti ingin merusak citra Jogja dari kejahatan jalanan, masalah wisata, dan lainnya. Sebagai warga Kota Jogja jangan hanya diam saja. Kita harus bersatu padu agar menangkal berita hoax tersebut,” katanya pada Senin (25/4/2022) di Kemantren Wirobrajan.

Pelatihan menulis di Kemantren Wirobrajan pada Senin (25/4/2022). Foto: eva/bernasnews.com

Karenanya, Sarwanto mendorong agar perwakilan warga ini bisa menjadi agen untuk perubahan setelah mendapatkan informasi terkait literasi.

“Menulis itu ternyata gampang. Mudah-mudahan pelatihan ini bisa memberi tips menulis dalam rangka menyampaikan informasi terutama menangkal hoax,” imbuhnya.

Pimpinan Redaksi bernasnews.com YB. Margantoro mengatakan bahwa setiap orang harus punya kesadaran akan bermedia dan berliterasi. Harapannya agar mereka bisa menyaring setiap informasi yang beredar dan menyebarkannya dengan tepat dan baik.

“Mengapa kita perlu sadar media supaya kita punya pengetahuan dan wawasan kritis akan sesuatu. Informasi saat ini overload jangan sampai setiap informasi langsung diakses dan diforward,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan Umum bernasnews.com mengatakan bahwa ia mendorong agar masyarakat bisa memanfaatkan terkait materi kepenulisan dan juga pemahaman akan literasi yang disampaikan. Harapannya agar nantinya masyarakat bisa memiliki kemampuan menulis yang baik dan benar.

“Kami berusaha berama agar masyarakat bisa menulis yang baik dan benar di media yang kredibel bukan hanya di sosal media yang hoax. Semoga kita jadi penangkal berita hoax. Karena kita berada di masyarakat kita pasti tahu yang baik dan benar,” pungkas Philip. ***

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments