Thursday, August 18, 2022
spot_img
spot_img
HomeEkonomiPerumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Gelar Training TKDN

Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Gelar Training TKDN

bernasnews.com – Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menggelar training bertajuk memahami dan menghitung TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dalam pengadaan barang/asa pada Perumda Air Minum.

Training TKDN yang digelar di Trio Azana Style Hotel Kebumen, Selasa 28 Juni 2022 ini untuk meyambut arahan Presiden Joko Widodo tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia pada 25 Maret 2022.

Sebagian peserta training di Trio Azana Hotel Kebumen Selasa, 28 Juni 2022. Foto: Istimewa

Dalam arahan itu, Presiden Joko Widodo mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, mengurangi belanja dan penggunaan barang impor, mendorong UMKM daerah dan mempermudah perizinan bagi UMKM.

Arahan itu dituangkan dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2022, 30 Maret 2022, tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Untuk mewujudkan hal itu, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai salah satu isu utama dalam mewujudkan visi misi serta mendorong kemajuan perusahaan, khususnya Perumda Air Minum, menjadi penting untuk terus ditingkatkan kualitasnya dalam bidang pengadaan barang/jasa.

Peserta training foto bersama di Trio Azana Hotel Kebumen Selasa, 28 Juni 2022. Foto: Istimewa

Sejalan dengan hal itu, Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen sebagai Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak di bidang pelayanan dan penyediaan air minum untuk masyarakat di Kabupaten Kebumen, menyelenggarakan kegiatan Training Memahami dan Menghitung Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam Pengadaan Barang/Jasa pada Perumda Air Minum.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen Zein Musta’in dalam rilis yang dikirim kepada bernasnews.com, Selasa 28 Juni 2022, mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengikuti arahan Presiden Joko Widodo dan

peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam proses pengadaan barag/jasa di lingkungan Perumda Air Minum.

Untuk mendukung Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) tersebut, menurut Zein Musta’in, SDM Perumda Air Minum harus diberikan bekal pemahaman terlebih dahulu mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebagai salah satu unsur yang dihitung dalam penggunaan produk dalam negeri Pengadaan Barang/Jasa.”

“Tidak hanya untuk Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kabupaten Kebumen, training ini juga diikuti oleh 14 Perumda Air Minum se-Korwil Kedu, se-PD Perpamsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta Perumda Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten, Perumda Air Minum Tirta Satria Kabupaten Banyumas, dan Perumda Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap,” kata Zein.

Tampil sebgi narasumber training adalah Kepala BPKP Perwakilan DIY Adi Gemawan Ak MM dan tim.

Kegiatan training dibuka secara resmi oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan dihadiri Sekretaris Daerah H Ahmad Ujang Sugiono SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kebumen dr Y Rini Kristiani M.Kes, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Kebumen, Ibu Alfia Diananita Zulfa ST MT MSc, Kepala Bappeda Kabupaten Kebumen Edi Rianto ST MT, para pimpinan Forum BUMD Kabupaten Kebumen serta para Direktur/Direktur Utama Perumda Air Minum peserta training.

Zein yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Training mengatakan kegiatan ini diselenggarakan dengan semangat menyemarakkan dana menyukseskan acara Kebumen International Expo (KIE), mulai 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

KIE tersebut diselenggarakan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Kebumen melalui promosi produk unggulan UMKM, mendorong peningkatan pariwisata, penampilan kesenian, tradisi, maupun budaya daerah, sekaligus menarik investor untuk menanamkan modal di Kabupaten Kebumen.

“Dalam rangkaian training hari ini, kita sertakan kunjungan bersama seluruh peserta ke lokasi KIE di Alun-alun Kebumen. Harapannya, selain meramaikan KIE, peserta dapat datang kembali dengan mengajak keluarganya, selama KIE berlangsung sampai 2 Juli 2022,” ujar Zein. (nuning)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments