Home Olahraga Persiapkan Popda DIY, Percasi Bantul Seleksi Atlet

Persiapkan Popda DIY, Percasi Bantul Seleksi Atlet

665
0
Sekum Pengkab Percasi Bantul Drs Sutanto. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Dalam rangka menjaring dan menyeleksi atlet pelajar Kabupaten Bantul yang akan diterjunkan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2020, Disdikpora Bantul bekerja sama dengan Pengkab Percasi Kabupaten Bantul menggelar seleksi Cabor Catur di Bangsal Rumah Dinas Bupati Trirenggo Bantul, Sabtu-Minggu (15-16/2/2020) Pendaftaran dapat dilakukan mulai 31 Januari 2020 hingga 5 Pebruari 2020 pukul 07.30 hingga 15.00 di Diisdikpora Bantul atau langsung ke Pengkab Percasi Bantul.

“Semua peserta berasal dari sekolah negeri maupun swasta di bawah Kemendiknas maupun Kemenag yang ada di Bumi Projotamansari (Bantul) ini dapat ikut serta, namun dengan syarat masih tercatat sebagai siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA di Bantul. Ini dibuktikan dengan fotocopy rapor. Sedangkan usianya adalah kelahiran 1 Januari 2002 dan sesudahnya,” kata Drs Sutanto, Sekum Pengkab Percasi Bantul, dalam rilis yang dikirim ke Bernasnews.com, Kamis (30/1/2020).

Sutanto yang bertindak selaku koordinator seleksi menjelaskan, kategori yang dipertandingan ada 8 kategori meliputi 4 jategori perorangan dan 4 karegori beregu. Untuk perorangan terdiri yaitu catur cepat perorangan putra, catur kilat perorangan putra, catur cepat perorangan putri, dan catur kilat perorangan putri.

Sedangkan kategori beregu terdiri catur cepat beregu putra, catur kilat beregu putra, catur cepat beregu putri, dan catur kilat beregu putri. Untuk beregu diharapkan setiap kecamatan bisa mengirim minimal 4 orang (bisa SD/MI, SMP/MTs, atau SMA/SMK.MA.

“Dalam seleksi ini tidak ada kategori tingkatan sekolah, namun hanya kategori putra dan putri. Dimungkinkan SD bertanding melawan SMP bahkan mungkin dengan SMA. Penghargaan dari Disdikpora Bantul dalam bentuk trofi diberikan kepada mereka yang masuk di tiga besar,” terang Sutanto.

Sutanto menuturkan bahwa semua peserta wajib menyediakan buah dan papan sendiri, bahkan bila memiliki dipersilahkan membawa jam caturnya saat tanding. Pertandingan menggunakan sistim Swiss, sedangkan jumlah babaknya akan ditentukan pada saat temu teknik sesuai dengan jumlah peserta yang mendaftar. (lip)



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here