Tuesday, June 28, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomeNewsPersentase PPDB SMPN Kota Yogyakarta Jalur Zonasi Alami Perubahan

Persentase PPDB SMPN Kota Yogyakarta Jalur Zonasi Alami Perubahan

bernasnews.com – Persentase Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 untuk SMP Negeri jalur zonasi jarak sekolah tahun ini mengalami perubahan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Yogyakarta Budi Santosa Ansori.

Sebagaimana diketahui PPDB SMP negeri Kota Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023 bakal berlangsung pada pada 10-13 Juni 2022 mendatang. Budi menyampaikan jika tahun ini hanya ada 15 persen kapasitas penerimaan berdasarkan jalur zonasi jarak sekolah.

“Tahun lalu jalur zonasi jarak sekolah besarnya mencapai 20 persen dari kuota yang diterima setiap SMP negeri. Maka tahun ini berkurang menjadi 15 persen dengan tujuan untuk pemerataan antara 11 sekolah di sebelah utara dan lima sekolah di selatan,” paparnya pada Selasa (31/5/2022).

Adapun PPDB dari jalur zonasi dibagi menjadi dua skema yaitu wilayah dan mutu. Jalur zonasi mutu memiliki kuota sebanyak 44 persen dari total siswa yang diterima SMP negeri.

Selain itu ada pula afirmasi yang diperuntukkan bagi pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) sebanyak 11 persen dan untuk peserta didik penyandang disabilitas sebesar 5 persen.

Budi juga menegaskan bahwa siswa dari luar kota diperbolehkan untuk mengikuti penyetaraan Assessment Standar Pendidikan Daerah (ASPD).

“Kita juga memberi kesempatan pada masyarakat luar zonasi untuk dapat bersekolah di kota Yogyakarta,” katanya.

“Seluruh proses dari PPDB ini tidak ada pungutan dari masyarakat. Semua dibiayai oleh pemerintah daerah dari APBD,” pungkasnya.

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments