Home Pendidikan Pers Sekolah Dukung Keberhasilan GLS

Pers Sekolah Dukung Keberhasilan GLS

422
0
Majalah SMA BOPKRI 2 Yogyakarya MIB edisi terbaru, Nomor 61/2020. Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Keberadaan pers sekolah seperti majalah dinding, majalah cetak atau majalah online sangat penting bagi pengembangan intelektualitas dan kreativitas siswa serta mendukung keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

“Bahkan pers sekolah dapat menjadi salah satu tolok ukur kualitas pendidikan sebuah sekolah. Oleh karena itu, bagi sekolah yang belum memiliki pers sekolah agar mengusahakan. Sedangkan bagi yang sudah punya agar dijaga kualitas dan konsistensi terbitnya. Pers sekolah dan ekstrakurikuler jurnalistik sangat penting untuk membantu karakter, intelektualitas, penalaran atau logika dan kepekaan sosial siswa,” kata praktisi pers dan literasi YB Margantoro dalam siaran pers kepada Bernasnews.com, Kamis (8/10/2020).

Dia menunjuk salah satu sekolah yang memiliki pers sekolah dan konsisten terbit adalah SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Media itu bernama MIB atau Majalah Idola Boda, dengan tagline Wahana Ekspresi Inspirasi, Logika, Praktika dan Estetika. Majalah semesteran ini sudah bernomor terbit 61. Artinya, MIB yang beralamat redaksi di Jalan Jenderal Sudirman 87 Yogyakarta ini sudah berusia 30 tahunan.

Penanggung Jawab MIB adalah Dr Sri Sulastri MPd., Kepala SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Pembimbing Agustinus Wuryanto Prihatmojo SPd dan Fanny Vernilasari SPd. Untuk MIB kali ini mengangkat laporan utama Belajar Asyik di Tengah Pandemi Corona.

Beberapa anggota redaksi MIB seperti Natalia, Elvara, Maurani, Majorie dan lainnya menyatakan pentingnya pers sekolah bagi GLS, khususnya para siswa sendiri. Mereka semakin terdorong cinta literasi dan baca buku. Mereka akan berusaha mengajak teman-temannya suka membaca dan menulis. (*/lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here