Tuesday, May 17, 2022
spot_imgspot_img
spot_img
HomePendidikanPerpustakaan Warga, Jendela Pengetahuan dan Ruang Komunikasi

Perpustakaan Warga, Jendela Pengetahuan dan Ruang Komunikasi

bernasnews.com – Semua informasi ada di internet. Namun, bagaimana melatih kecakapan kritis supaya bisa menemukan informasi yang benar dan bermanfaat? Ya, dengan membaca buku. Membaca buku mengasah kemampuan menyerap informasi secara utuh dan sistematis. Bagaimana mengenalkan kebiasaan membaca buku? Selain lewat sekolah, bisa lewat perpustakaan komunitas.

Lions Club Yogyakarta Tugu Mataram (LCYTM) menangkap kebutuhan ini. Maka, pada Sabtu (26/3/2022) mereka menyelenggarakan program donasi buku untuk perpustakaan warga Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Bantul. Ratusan buku berbagai topik, seperti pendidikan, bahasa, dan hukum diserahkan Presiden LCYTM Fransisca Diwati kepada Dukuh Jolosutro Nanang.

Presiden LCYTM Fransisca Diwati menyampaikan sambutan pada acara penyerahan buku untuk perpustakaan warga Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Sabtu (26/3/2022). Foto: aa kunto a

Saat sampaikan sambutan, Fransisca Diwati berharap agar buku-buku yang disumbangkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan warga. Disebutkan menambah karena potret warga Jolosutro sudah maju.

Kemajuan mereka tampak dari kekompakan karang taruna mengelola objek wisata Bukit Tinatar serta kesediaan generasi muda menjadi petani milenial dengan salah satunya bertanam pisang cavendish.

Lions Club Yogyakarta Tugu Mataram (LCYTM) selenggarakan program donasi buku untuk perpustakaan warga Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Sabtu (26/3/2022). aa kunto a

Buku diharapkan menjadi jendela pengetahuan justru di zaman digital yang semuanya serba cepat dan sekilas. Dengan membaca buku, diharapkan mereka bisa menjadi aktor perubahan bagi diri mereka sendiri di tengah maraknya pembangunan wisata dan kawasan industri di sekeliling mereka.

Dengan dikelola perpustakaan warga, buku bisa menjadi pemantik ide, bahan diskusi, dan media mengasah pengetahuan. Perpustakaan juga bisa menjadi ajang srawung warga serta interaksi orangtua dan anak sehingga komunikasi dan keterbukaan tumbuh di antara mereka. (AA Kunto A)

spot_img
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments