Home Pendidikan Perpustakaan STPN Diharapkan jadi Lokomotif Literasi Kampus

Perpustakaan STPN Diharapkan jadi Lokomotif Literasi Kampus

493
0
Ketua STPN Yogyakarta Dr Ir Senthot Sudirman MS (kelima dari kiri) foto bersama praktisi pers YB Margantoro (keenam dari kiri) usai membuka Pelatihan Literasi Perpustakaan di kampus setempat, Jumat (2/10/2020). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM – Pimpinan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta mengapresiasi prestasi dan kegiatan Perpustakaan STPN serta berharap unit kerja ini dapat menjadi “lokomotif” kegiatan literasi di kampus setempat. Dukungan dan harapan Ketua STPN Yogyakarta Dr Ir Senthot Sudirman MS kepada jajaran Perpustakaan STPN itu disampaikn saat membuka Pelatihan Literasi Perpustakaan Menulis di kampus setempat, Jalan Tata Bumi No 5 Yogyakarta, Jumat (2/10/2020).

“Kepercayaan dan harapan Ketua STPN itu menjadi pemicu semangat kami untuk sedapat mungkin menjadi ‘lokomotif’ kegiatan literasi di kampus. Ini bukan perkara mudah, tetapi harus kami lakukan bersama seluruh civitas akademika sekolah tinggi dan berbagai pihak lainnya,” kata Yoseph Nai Helly S.SiT MA, Kepala Perpustakaan STPN Yogyakarta, Jumat (2/10/2020).

Menurut Yoseph, pelatihan literasi bagi jajaran perpustakaan kampus ini dimaksudkan untuk lebih menggairahkan dinamika literasi unit kerja. Pustakawan dan staf lainnya diharapkan tidak hanya menjalankan tugas pokok fungsi masing-masing, tapi juga dapat berkarya literasi dengan dukungan referensi buku atau media.

Sementara Pustakawan Ahli Muda Kusyatinah berpendapat, seseorang dapat melakukan kegiatan literasi dengan baik apabila dia gemar membaca dan mampu memahami masalah lingkungan secara baik. Pada era teknologi modern ini, kita harus dapat menyesuaikan diri dengan baik terkait dengan referensi bacaan di perpustakaan.

Pustakawan Antonio Tilman MHum menambahkan, staf perpustakaan tidak hanya harus melek terhadap pelayanan dan sesuai tugas masing-masing, namun juga mau dan mampu berkarya tulis yang bermakna dan monumental.

Peserta pelatihan literasi Perpustakaan STPN menulis yang diampu praktisi pers dan literasi YB Margantoro ini sepakat untuk berkarya tulis dalam bentuk buku. Secara pribadi, beberapa staf perpustakaan sudah berkarya buku, namun berkarya bersama kali ini disemangati nuansa HUT ke 60 Agraria.

Ketua STPN Yogyakarta Dr Ir Senthot Sudirman MS berharap, kualitas perpustakaan yang sudah terakreditasi A ini dipertahankan dengan baik dan disertai semaraknya kegiatan literasi. Sedangkan praktisi pers YB Margantoro dalam rilisnya menambahkan bahwa perpustakaan itu ibarat jantung kehidupan lembaga. Maka keberadaan dan fungsinya harus dijaga dengan baik serta dapat memberikan kemanfaatan sivitas akademika. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here