Home Pendidikan Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta jadi Sumber Ilmu dan Pusat Literasi

Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta jadi Sumber Ilmu dan Pusat Literasi

174
0
Wakil Kepala Humas SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Endah Nursinta S. M.Pd. didampingi guru dan staf perpustakaan sekolah menerima buku dari Pegiat Literasi Y.B. Margantoro di ruang perpustakaan sekolah, Jalan Jenderal Sudirman 87 Yogyakarta, Kamis (14/10/2021). Foto: Kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta menjadi sumber ilmu bagi siswa, guru dan karyawan serta pusat literasi di sekolah. Untuk itu, segenap warga sekolah harus dapat memanfaatkan sebaik mungkin sarana dan prasarana di perpustakaan yang sekolahnya menetapkan sebagai Sekolah Multikultural Indonesia (SMI) ini. 

Demikian rangkuman pendapat Wakil Kepala Bidang Humas SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Endah Nursinta S MPd dan Kepala Perpustakaan Drs Agus Tri Wuryatmaja ketika menerima kunjungan Pegiat Literasi YB Margantoro di ruang perpustakaan setempat, Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Kamis (14/10/2021). Pada kesempatan ini, Margantoro menyerahkan buku yang diterima Endah Nursinta yang didampingi staf perpustakaan, guru Ita Hermayanti SPd dan siswa peserta ekstrakurikuler jurnalistik. 

Endah Nursinta mengemukakan, cara yang dilakukan untuk mengajak warga sekolah untuk gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan secara maksimal adalah dengan menyediakan buku fiksi dan nonfiksi terupdate. Kemudian, Boda menuju ke perpustakaan digital sehingga para siswa termotivasi untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi. Selain itu, para guru memberikan teladan dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber alternatif refer

“Pustakawan Remaja Boda atau Pureda sebagai kepanjangan tangan perpustakaan sekolah melakukan perencanaan dan melaksanakan kegiatan literasi,” kata dia.  


Sudut komputer dan karya siswa di media massa, di ruang Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta, Kamis (13/10/2021). Foto: YB.Margantoro

Agus Tri Wuryatmaja mengatakan, perpustakaan sebagai sumber ilmu maka sangat dibutuhkan warga sekolah, dalam hal ini siswa, guru dan karyawan. Pelayanan yang profesional, ramah, murah senyum harus menjadi komitmen dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar siswa terus termotivasi dan senang berkunjung ke perpustakaan sekolah.  

Lima siswi peserta ekstrakurikuler jurnalistik yang sedang belajar di perpustakaan pada kesempatan ini menyatakan gembira dapat belajar sambil mencari referensi di ruang ini. Untuk mengerjakan tugas sekolah atau mengerjakan Majalah Idola Boda (MIB), mereka sering menggunakan fasilitas komputer di sini. Mereka adalah Cameylia Shintya Pawestri, Rr Cindy Maulika, Aprilia Pasha Dini, Adinda Cahyaning Diwasasri dan Teophilia Stefani.

Siswa ekskul jurnalistik lainnya adalah Philea Paramasri Widi Jatmiko, Made Ghea Renanda PN, Natalia Cinta Bella, Ahkmad Aulia M, Orlina Rifka Syalomitha Tahitu, dan Hermenegildo Alexander MAB.   

Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta memiliki visi menjadikan perpustakaan sekolah yang mampu mendukung kemampuan belajar di bidang pengetahuan, sikap, dan ketrampilan berdasarkan ajaran kasih. Sedangkan misinya adala menyediakan sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran dan pendidikan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti, meningkatkan kompetensi akademik, serta mewujudkan ajaran kasih di lingkungan sekolah.           

Sudut Pojok Multikultural Indonesia di Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. (Foto : Y.B. Margantoro)
  

Perpustakaan sekolah ini telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia tahun 2019 yang berlaku sampai dengan tahun 2024. Sedangkan peluncuran otomasi perpustakaan dilaksanakan pada 1 Agustus 2013.  Staf perpustakaan sekolah ini Layanan Teknis Daniel Swastika, Layanan Pemustaka Dwi Sumunaringsih, SE dan Layanan Pemustaka Ani Haryatun.

Buku-buku populer

Staf layanan teknis Daniel Swastika mengemukakan, saat ini Perpustakaan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta memiliki total buku 3.031 judul, total judul dengan eksemplar 2.998, total eksemplar/kopi 4.473, total eksemplar dalam koleksi 4.471. Kemudian total judul menurut media : buku 2.404, novel 491, cerpen 77, puisi 33, kamus 10, ensiklopedia 2 dan peta 1.Total eksemplar menurut jenis koleksi textbook 2.582, fiction 984, dan reference 907.

Ada 10 judul buku terpopuler yang sering dibaca pemustaka yakni : Raksasa dari Jogja, Lihatlah ke Atas Temukan Cinta, Love Command: The Second Chance, Dilan, 3600 Detik, Perfect Valentine, Lolipop : Love, Lies, Promise, Past. Kemudian Ubur-Ubur Lembur, Jingga dalamm Elegi dan Angel’s Heart.

“Sejauh yang kami amati di sini, membaca sudah menjadi budaya siswa Boda. Namun hal ini tentu harus terus diperjuangkan bersama. Karena membaca itu membuka jendela dunia dan mencerdaskan bangsa,” kata Daniel sambil tersenyum

Fasilitas di Boda’s Library ruang ber-AC, meja baca yang nyaman, presensi elektronik untuk pengunjung, komputer untuk internet, wifi super cepat, pencarian koleksi buku dengan system automasi dan audio visual.

Waka Humas SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Endah Nursinta S MPd menambahkan, selain unit perpustakaan, sarana dan prasarana sekolah ini adalah : guest house bagi siswa luar daerah, ruang kelas dilengkapi LCD proyektor, laboratorium (lab) komputer, lab bahasa, lab kimia, lab biologi, lab fisika, ruang pusat sumber belajar, studio musik, ruang audio visual, ruang UKS, dan ruang aula serba guna.

“Ekstrakurikuler di sekolah kami saat ini adalah basket, marching band, taekwondo, peleton inti, modern dance, fotografi, jurnalistik,  tari, karawitan, kecantikan, band, karya ilmiah remaja, pramuka, public speaking, katekisasi dan persekutuan doa,” kata dia. (YB Margantoro, Pegiat Literasi)

        

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here