Home News Perpustakaan Kalurahan Perlu Memanfaatkan Internet untuk Pelayanan

Perpustakaan Kalurahan Perlu Memanfaatkan Internet untuk Pelayanan

183
0
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (DPK) Kabupaten Sleman Dra Sri Wantini MPd menyerahkan buku Gerakan Literasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk Keistimewaan Yogyakarta kepada Sekretaris Dinas Beska, SH dan pejabat struktural dinas di kantor DPK Kabupaten Sleman, Rabu 29/9/2021. Foto: kiriman YB Margantoro

BERNASNEWS.COM – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman Dra Sri Wantini MPd berharap agar perpustakaan kelurahan memanfaatkan jaringan internet dalam memberikan layanan kepada pemustaka.

“Perpustakaan kalurahan penerima hibah diminta melaporkan pemanfaatan prasarana hibah instalasi jaringan internet kepada kantor DPK Kabupaten Sleman setiap akhir tahun,” kata dia pada acara penyerahan router wifi kepada 12 pengelola perpustakaan kalurahan di kantor DPK Kabupaten Sleman, Rabu (29/9/2021).

Kedua belas perpustakaan kalurahan itu adalah Perpustakaan Widodo (Widodomartani), Perpustakaan Generasi Sukoharjo Cerdas (Sukoharjo), Perpustakaan Sumber Ilmu (Balecatur), Perpustakaan Pustaka Karta (Sidokarto), Perpustakaan Pustaka Widya (Margokaton), Perpustakaan Pena (Sumberharjo).

(Baca juga: Potensi Besar DPK Kabupaten Sleman Harus Bermanfaat bagi Masyarakat)

Kemudian Perpustakaan Mentari (Sumberrahayu), Perpustakaan Banyu Pustaka (Banyuraden), Perpustakaan Banyurejo (Banyurejo), Perpustakaan Caturharjo (Caturharjo), Perpustakaan Tirtoadi (Tirtoadi), Perpustaan Umbulmartani (Umbulmartani). 

Selain menerima router wifi, mereka juga menerima sejumlah buku dari Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Bambang Nursinggih SSn. dan buku Gerakan Literasi dari DPK Kabupaten Sleman. Hadir pula, Ketua GPMB Kabupaten Sleman Nuradi Indra Wijaya SPd dan undangan lain.

Kepala DPK Kabupaten Sleman Dra Sri Wantini, MPd (nomor delapan dari kiri, baju putih) bersama penerima bantuan fasilitas simpul jaringan perpustakaan berbasis TI dan para pegiat literasi di kantor DPK Kabupaten Sleman, Rabu 29/9/2021. Foto: kiriman YB Margantoro).

Pada kesempatan tersebut, dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan di bulan September, juga dilaksanakan peluncuran buku karya pimpinan, staf dan pustakawan DPK Kabupaten Sleman bertajuk Gerakan Literasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman untuk Keistimewaan Yogyakarta. Secara simbolis, buku diserahkan oleh Pimpinan Penerbit Mitra Mekar Berkarya (MMB) Yogyakarta YB Margantoro kepada Dra Sri Wantini, MPd. Kemudian Sri Wantini menyerahkan buku kepala jajaran pimpinan dinas.

(Baca juga: DPK Kota Yogyakarta Siap Dukung Yogyakarta Menulis)

Program SOS  

Pada bagian lain sambutannya, Sri Wantini menginformasikan lagi tentang program Sleman One Search (SOS) sebagai bentuk pengembangan aplikasi layanan perpustakaan bagi masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk katalog bersama. Manfaat utama dari aplikasi ini memberikan layanan  kepada masyarakat Sleman atau pemustaka agar lebih mudah mendapatkan informasi keberadaan buku yang dibutuhkan. Dengan sekali klik di SOS akan muncul informasi buku yang dibutuhkan beserta lokasi keberadaannya. Secara umum, melalui aplikasi ini dapat mengetahui khasanah keilmuan di masing-masing perpustakaan kalurahan di wilayah Sleman.

(Baca juga: DPK Kota Yogyakarta Berkreasi di Tengah Pandemi)

“Selain itu, tujuan pembangunan SOS merupakan salah satu stimulan agar perpustakaan di wilayah pedesaan  mampu memberikan pelayanan perpustakaan yang berbasis teknologi informasi. Salah satunya dengan penyediaan layanan internet,” kata Sri Wantini.

Pada kesempatan ini YB Margantoro berharap, para pengelola perpustakaan kalurahan di Kabupaten Sleman juga mau belajar dan berkarya literasi di samping memberikan pelayanan yang baik bagi pemustaka dan masyarakat. (*/lip)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here