Home Pendidikan Perkuat Karakter Pengurus OSIS Melalui Outbound LDK

Perkuat Karakter Pengurus OSIS Melalui Outbound LDK

903
0
Para Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2019/2020 MAN 5 Sleman meniti satu tali di atas kolam sebagai rangkaian kegiatan outbound Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di desa wisata Ledok Sambi Sleman, Senin (1/10/2019). Foto : Istimewa

BERNASNEWS.COM — Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2019/2020 MAN 5 Sleman mengikuti outbound Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang diadakan oleh OSIS dan kesiswaan, Senin (1/10/2019). Selain pengurus OSIS, LKDS juga diikuti oleh unit kegiatan lain di MAN 5 Sleman, seperti Tonti, PMR, Rohis, Pramuka, KIR, Olahraga dan Adiwiyata. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di desa wisata Ledok Sambi Sleman itu, para peserta LDKS didampingi oleh enam guru kesiswaan dan pembina OSIS.

Fathna Saadati, Guru MAN 5 Sleman, dalam rilis yang dikirim ke Redaksi Bernasnews.com, Selasa (2/10/2019), mengatakan, outbound LDKS merupakan agenda rutin setelah pengurus baru OSIS dilantik. Tahun ini, tema LDKS adalah mempersiapkan calon pemimpin yang berkualitas, berkarakter dan bertanggung jawab.

Melatih kerja sama dengan permainan gelinding ban. Foto : Istimewa

“Sengaja dilaksanakan di luar lingkungan madrasah, agar siswa lebih mengenal alam sekitar, memperkuat fisik serta sebagai penyegaran di sela-sela pembinaan OSIS yang ketat di dalam lingkungan madrasah,” kata Fathna Saadati.

Sebanyak 77 siswa mengikuti rangkaian kegiatan outbound pukul 09.00-13.00 dalam suasana alam yang sejuk. Seluruh siswa antusias mendengarkan dan mengikuti arahan dari para pelatih. Mereka harus melalui rintangan yang ada, di antaranya meniti di atas satu tali, perahu kano, flying fox, lomba kayak, bakiak, kerja sama gelinding ban, kayu estafet, dan meluncur di atas ban dengan menggunakan ban. Perlu kekompakan dalam kelompok agar bisa melewati setiap rintangan.

mendayung perahu kano untuk menjaga kekompakan. Foto : Istimewa

Siti Rochmawati SPd selaku pembina OSIS berharap, setelah diadakannya LDKS semua organisasi siswa di MAN 5 Sleman mampu menjadi organisasi yang berkualitas, baik dalam tingkatan kepemimpinan, kedisiplinan maupun program kerja yang akan diwujudkan ke dalam bentuk kegiatan siswa. Tidak hanya itu, pengurus OSIS seyogyanya bisa menjadi teladan yang baik untuk siswa yang lain. Selain aktif berorganisasi, prestasi akademik juga harus ditingkatkan.

“Mengikuti outbound LDKS ini sungguh seru dan menyenangkan. Kami para pengurus OSIS yang baru menjadi lebih paham arti sebuah kekompakan. Selain itu, masing-masing anggota OSIS harus bisa menjaga satu sama lain,” kata Anisa Wulandari, Pengurus OSIS dari kelas X IIK. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here