Home News Perjalanan Panjang Menjadi Duta Museum 2022, Inilah Proses yang Harus Dilalui Peserta

Perjalanan Panjang Menjadi Duta Museum 2022, Inilah Proses yang Harus Dilalui Peserta

68
0
Para peserta 38 finalis Duta Museum 2022 foto bersama di depan Kantor Dinas Kebudayaan DIY, Kusumanegara, Yogyakarta. (Foto: Kiriman Ria)

BERNASNEWS.COM — Muda dan sebagai penggerak untuk cinta museum. Itulah yang coba dilakukan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY melalui Seksi Permuseuman Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah Bahasa, Sastra dan Permuseuman, dalam menyelenggarakan pemilihan Duta Museum DIY 2022.

“Pemilihan ini diawali dengan tahap pengumpulan berkas yang disyaratkan seperti Curiculum Vitae (CV), Formulir Pendaftaran, Esai, sertifikat dan syarat administrasi lainnya yang dikumpulkan paling lambat pada batas waktu 4 November 2021,” terang Ria Putri Palupijati, selaku Perwakilan Panita kepada Bernasnews.com, Rabu (24/11/2021). 

Suasana penyampaian materi permuseuman oleh nara sumber kepada 38 peserta pemilihan Duta Museum 2022. (Foto: Kiriman Ria)

Dikatakan, jumlah berkas yang masuk sejumlah 169 peserta yang kemudian pada tanggal 8 November 2021 diperoleh hasil seleksi tahap 1 dengan peserta yang lolos sebanyak 90 orang. Seleksi selanjutnya yaitu audisi wawancara yang diselenggarakan pada 10-11 November 2021 di Museum Sonobudoyo, dengan kisi-kisi tentang Kebudayaan Jawa, salah satu diantaranya percakapan bahasa Jawa sehari-hari, permuseuman dan inovasi, serta kreativitas di Era 4.0.

“Banyak potensi yang luar biasa dari teman-teman muda ini yang mau berperan untuk memajukan museum di DIY. Namun juri harus memutuskan finalis 38 besar dari sekian banyak potensi para pendaftar,” ungkap Ria, yang juga pernah menjadi Duta Museum Tahun 2017.

Pengumuman 38 besar pada 12 November 2021 tersebut diumumkan melalui media sosial @dinaskebudayaandiy dan @dutamuseumdiy. Peserta 38 besar ini berhak mengikuti field trip , karantina dan pembekalan materi Pemilihan Duta Museum DIY 2022, sebab mereka akan mendapatkan penempatan di masing-masing museum.

Field trip dilakukan di dua tempat yaitu, Museum Sangiran dan Museum Tumurun. Sedangkan karantina dan pembekalan dilakukan pada tanggal 16-17 November 2021, di Hotel Orchid Solo,” jelasnya. 

Field Trip atau kunjungan oleh para peserta pemilihan Duta Museum 2022, di Museum Sangiran, Jawa Tengah. (Foto: Kiriman Ria)

Para finalis 38 besar Duta Museum, tambah Ria, mendapatkan materi practical dan implementatif seperti story telling, public speaking, digital marketing, ungah unguh/ tata krama Jawa, personality dan emotional intelligence pembuatan konten publikasi dan ketugasan Duta Museum DIY.  

Sementara pada materi digital marketing dengan nara sumber Mahendra Birawa, peserta mendapat penugasan/ chalange berupa ‘Efektifitas Komunikasi Digital #MuseumForLife’. Harapannya Duta Museum dapat membuat konten yang temanya membawa museum lebih kekinian namun tetap dengan gaya dan bahasa kepribadian masing-masing.

Lanjut Ria, Seksi Permuseuman Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Sejarah Bahasa, Sastra dan Permuseuman juga memberikan penugasan ‘Pembuatan Video Promosi Museum’ dengan pilihan museum yang ada di Jogja. Video yang dibuat secara berkelompok merepresentasikan materi yang disampaikan ketika pembekalan, public speaking, story telling, konten yang menarik publikasi di media sosial. 

Peserta foto bersama usai kunjungan di Museum Tumurun. (Foto: Kiriman Ria)

Kegiatan selanjutnya, Pengambilan Video Profil dan Photoshoot pada hari Jumat, 19 November 202, di Museum Benteng Vredeburg. Tujuan dari kegiatan ini selain membuat video profil masing-masing Duta Museum juga sebagai promosi program Seksi Permuseuman, Dinas Kebudayaan DIY yaitu Wajib Kunjung Museum (WKM).

Agenda terakhir yaitu menuju Penobatan Duta Museum, diisi dengan rangkaian acara persiapan diantaranya latihan koreografi, pada tanggal 24, 25, 26 dan 28 November 2021, Pukul 16:00 – 20:00 WIB, di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY. “Penobatan akan diselenggarakan pada tanggal 29 November 2021, di Jogja City Mall (JCM). Dengan agenda pengumuman penempatan ketugasan di museum, pemilihan 10 besar dan penentuan juara 1, 2,dan 3 sebagai Duta Museum Tahun 2022. Jangan lupa saksikan ya,” pungkas Ria Putri Palupijati. (ted)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here