Home Pendidikan Peringati HUT ke-50, Barahmus DIY Gelar Webinar Peran Museum di Industri Pariwisata

Peringati HUT ke-50, Barahmus DIY Gelar Webinar Peran Museum di Industri Pariwisata

258
0
Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd. Foto : Dok pribadi

BERNASNEWS.COM – Untuk memperingati ulang tahun emas atau HUT ke-50 Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY, Pengurus Barahmus DIY menggelar webinar dengan tema Peran Museum di Industri Pariwisata. Webinar akan diadakan tepat pada hari ulang tahun Barahmus DIY, hari Sabtu 7 Agustus 2021.

Menurut Ketu Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo SPd MPd dalam rilis yang dikirim kepada Bernasnews.com, Kamis (5/8/2021), selain secara daring, seminar acara peringatan HUT ke-50 Barahmus DIY juga diadakan secara luring. Untuk acara secar luring terbatas untuk 9 orang yang hadir di Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa sebagai tempat berdirinya Barahmus DIY 50 tahun yang lalu. Acara akan diawali dengan potong tumpeng oleh Ketua Umum Barahmus DIY.

Webinar didukung oleh Kementerian Komunikasi & Informasi RI dan Badan Promosi Pariwisata DIY. Tampil Keynote Speaker Webinar Septriana Tengkary (Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo RI), sedangkan nara sumber Singgih Raharjo SH MEd (Kepala Dinas Pariwisata DIY), Bobby Ardyanto Setyo Ajie (Ketua GIPI DIY), Hery Setyawan (Ketua ASITA DIY) dan Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo.

Bambang Widodo mengatakan bahwa museum telah menjadi bagian dari industri pariwisata yang berkembang cukup pesat, namun juga menjadi salah satu sektor yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Karena itu, museum harus mampu mengemas potensi dengan menarik, bertransformasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan daya tarik masyarakat.

Menurut Bambang Widodo, pada 7 Agustus 2021 merupakan peringatan 50 tahun berdirinya organisasi permuseuman tertua di Indonesia yakni Badan Musyawarah Muse (Barahmus) yang merupkan pelopor berdirinya Badan Musyawah Museum Indonesia (BMMI) 28 Oktober 1998 di Yogyakarta. BMMI kemudian berganti nama menjadi Asosiasi Museum Indonesia (AMI) mulai tahun 2004.

Untuk memperingati ahun Emas Barahmus DIY, menurut Bambang Widodo, panitia telah mempersiapkan berbagai acara mulai 7 Agustus sampai dengn 12 Oktober 2021. Rangkaian acara tersebut dikemas sebagai Festival Museum Yogyakarta 2021. “Mari ikuti diskusi bersama dengan tema Peran Museum di Industri Pariwisata yang diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun Barahmus DIY dan menyongsong Hari Museum Indonesia 2021,” kata Bambang Widodo.

Bagi peserta yang berminat bisa mendaftar melalui s.id/Webinarbarahmus0708 dan akan mendapatkan e-sertifikat dan kesempatan memperoleh voucher elektronik senilai total Rp 2 juta bagi penanya yang beruntung. Peserta juga bisa mengunjungi 38 museum yang ada di DIY. (lip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here